PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI SMP 3 BAE

Eny Kusrini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP 3 Bae Kudus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap dalam proses dan hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP 3 Bae Kudus pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri  atas dua siklus. Penelitian  dilaksanakan di kelas VIIIE SMP 3 Bae Kudus. Jumlah siswa 28 orang terdiri 20 orang siswa putri dan 8 orang siswa putra. PTK  dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi terhadap hasil tindakan. Dari hasil tindakan sikap tanggung jawab, kerja sama, menghargai pendapat dan percaya diri siswa pada siklus I rata-rata mencapai  43% dan meningkat pada siklus II menjadi 68%. Sementara itu hasil belajar siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 58 dengan siswa tuntas belajar sebanyak 54% dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata 77 dengan siswa tuntas belajar sebanyak 78,6%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIIIE SMP 3 Bae Kudus.


Full Text:

PDF

References


Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Laerning(SCL). Malang : Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Rustaman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Salahudin, Anas. dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter(Pendidikan berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung:CV Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5592

Article Metrics

Abstract views : 94| PDF views : 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: