Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achir, Yaumil Sitta, Budi Usodo, and Rubono Retiawan. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” PAEDAGOGIA 20(1): 78–87.
Aldarmono, Aldarmono. 2012. “Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3(1): 63–69.
Aprilia, Nahda Cindy, S Sunardi, and Dinawati Trapsilasiwi. 2017. “Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Di Kelas VII SMPN 11 Jember.” Jurnal Edukasi 2(3): 31–37.
Darmawan, Iwan, Anis Kharismawati, Heris Hendriana, and Ratni Purwasih. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(1): 71.
Fadiana, M. 2016. “Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif.” Journal of Research and Advances in Mathematics Education 1(1): 79–89.
Hoang, Thienhuong N. 2008. “The Effects of Grade Level, Gender, and Ethnicity on Attitude and Learning Environment in Mathematics in High School.” International Electronic Journal of Mathematics Education 3(1): 47–59.
Kagan, Jerome. 1966. “Reflection-Impulsivity: The Generality and Dynamics of Conceptual Tempo.” Journal of abnormal psychology 71(1): 17.
Kalida, Muhsin. 2016. “Model Pembelajaran Kreatif Dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Di Luar Sekolah.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 12(1): 1–14.
Munandar, M. 2016. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nur, Andi Saparudin, and Markus Palobo. 2018. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Dan Gender.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9(2): 139–48.
Nurmalia, Iis, Yuyu Yuhana, and Abdul Fatah. 2019. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMK.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 1(2): 105–11.
Nuryadi, and Peni Rahmawati. 2018. “Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 3(1): 53–62. http://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i1.656W:http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika.
OECD. 2019. Oecd Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86.
Panjaitan, Binur. 2016. “Metakognisi Calon Guru Bergaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta XXXV(2): 244–53.
Rahayu, Dwi Shinta. 2019. “PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA MTS BERGENDER PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 2(1).
Rozencwajg, Paulette, and Denis Corroyer. 2005. “Cognitive Processes in The Reflective-Impulsive Cognitive Style.” The Journal of genetic psychology 166(4): 451–63.
Siswanto, Rizki Dwi. 2015. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Spasial, Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP.”
Siswanto, Rizki Dwi. 2016. “Asosiasi Antara Kemampuan Geometri Spasial Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 1(2): 141–46.
Siswanto, Rizki Dwi, and Subhan Ajiz Awalludin. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Prosiding SENAMKU 1: 277–88.
Siswanto, Rizki Dwi, and Ervin Azhar. 2018. “Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat.” Publikasi Pendidikan 8(3): 224–28.
Siswanto, Rizki Dwi, and Rega Puspita Ratiningsih. 2020. “Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(2): 96–103.
Sudia, Muhammad, I Ketut Budayasa, and Agung Lukito. 2014. “Profil Metakognisi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Terbuka.” Jurnal Ilmu Pendidikan 20(1).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suprihatin, Tri Roro, Rippi Maya, and Eka Senjayawati. 2018. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat.” Jurnal kajian pembelajaran matematika 2(1): 9–13.
Veronica, Ajeng Rara, and Wiryanto. 2020. “KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR BERKECERDASAN NUMERIK DALAM MEMECAHKAN SOAL EKSPLORASI GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN GENDER.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(1).
Wardhana, Ibnu Rizki, and Moch Lutfianto. 2018. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(2): 173–84.
Warli, W. 2010. “Profil Kreativitas Siswa Yang Bergaya Kognitif Reflektif Dan Siswa Yang Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Geometri.” Universitas Negeri Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: