PENGARUH MODEL ALC BERBANTUAN APLIKASI LINGMAT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) yang didukung aplikasi Android lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajar dengan model saintifik. (2) Untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), digunakan model Accelerated Learning Cycle (ALC) yang didukung oleh aplikasi Android untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa peserta pembelajaran matematika meningkat. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa berpengaruh terhadap minat belajar dengan menggunakan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Data diperoleh dari hasil wawancara, angket minat belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis true experimental. Hasil penelitian menunjukkan. (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) terdapat nilai diatas KKM dengan menggunakan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android. (3) terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan minat belajar siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6560
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: