Pembelajaran Matematika Berbantuan LKS Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII

Aprioda Aprioda
Irwan Setiawan
Rosmaiyadi Rosmaiyadi
Citra Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning dan pendekatan kontekstual melebihi dengan yang diajarkan menggunakan LKS berbasis langsung; 2) mengetahui KKM siswa melalui LKS berbasis discovery learning dan pendekatan kontekstual; 3) mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning dan pendekatan kontekstual; 4) mengetahui self-confidence siswa ketika diajarkan dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning dan pendekatan kontekstual. Deasin Penelitian True Eksperimental Design dan Posttest-Only Control Design. Teknik analisis yang digunakan berupa uji-t dua sampel independen, uji-t satu sampel, uji proporsi satu sampel, rata-rata presentase keterlaksanaan, dan rata-rata skor self-confidence siswa. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Singkawang. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A (eksperimen) dan  kelas VIII B (kontrol). Hasil penelitian berupa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan LKS berbasis discovery learning dan pendekatan kontekstual lebih baik dari yang menggunakan LKS berbasis langsung; 2) ketuntasan nilai belajar mencapai KKM; 3) keterlaksanaan proses belajar terlaksana sangat baik; 4) self-confidence siswa tergolong tinggi


Keywords


Model Discovery Learning; Kemampuan Komunikasi Matematis; Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Angga Ardianto, Dodik Mulyono, Sri Handayani. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136

Arcat, A., & Fitriani, P. 2018. Kemampuan komunkasi matematis siswa melalui model discovery learning kelas VIII Mts Bahrul Ulum tahun 2018. Jurnal Ilmiah Edu Research, 7(1), 54–58.

Diniyah, A., Malik Akbar, G., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. 2018. ANALISIS KEMAMPUAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA DALAM MATERI PELUANG. Journal on Education, 1(1), 14-21. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.

Hosnan . 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Etia, Gunowibowo, P., & Wijaya, A. P. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(2), 101–110.

Febriani, C. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Lks Berbasis Discovery Learning Pada Konsep Protista Kelas X Di Sma Pasundan 7 Bandung. 2016 (Skripsi). Pasundan : Universitas Pasundan.

Habiba, A., Wibowo, M. E., & Japar, M. (2017). Model Konseling Kelompok Teknik Self Instruction untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa SMP. , 6(1), 1-6.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah. 1–4. (https://bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/ 06/Permendikbud_Tahun2016_No mor021_Lampiran.pdf)

Kemendikbud. 2018. Permendikbud Nomor 35 tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurilkulum Sekolah enengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta, 1–16. (http://www.datadikdasmen.com/2019/01/unduh-pdf-permendikbud-nomor-35-tahun.html)

Khoadah, I. S., Sari, D. E., & Zanthy, L. S. 2019. Peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan kontekstual di smp. Journal On Education, 01(03), 485–497.

Luritawati, I. P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Tesis. SPs UPI Bandung:

Marjani, L., Rinaldi, A., Hendriana, H., & Anita, I. W. 2018. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Self Confidence Siswa SMP Di Kabupaten Purwakarta. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 569. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p569-574

Marsuni. 2016. Penerapan model kontekstual dalam pembelajaran Marsuni. Jurnal Al-Mursalah, 2(2), 99–105.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120

Perdana, F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2).

Ramli, H. 2019. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pendekatan Kontekstual Dengan Peta Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2),61–71. https://www.ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/ 361

Sari, L. K., Noer, S. H., & Bharata, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.

Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Sq3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28-34. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/880

Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, K. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.32-40

Ula, rifatul, Kristanti, F., & Mursyidah, H. 2019. Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di SMP Negeri 7 Surabaya (Effectiveness of Discovery Learning With Comic Media on Line and Corner Learning in SMP Negeri 7 Surabaya). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1292

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. 2016. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yusmanto, & Herman, T. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2705




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6953

Article Metrics

Abstract views : 214| PDF views : 152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: