Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa Smp pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334–2344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079
Amaludin, A. septiriadi. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng, 5(1), 64–75.
Annisah, S., Suhendi, Supriatin, A., & Masfi’ah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 64. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Burhanuddin. (2022). Tantangan Pembelajaran Daring, Luring Dan Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 66–75.
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1, 120–128. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-Service Teacher Education. AARE International Research in Education Conference Melboourne, Australia, 1–14.
Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pir Share (TPS) Di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM:Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1).
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Febriantika, A. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7329
Fikriyah, D. S., Maharani, G., & Nugraha, M. G. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Serta Menurunkan Kecemasan Matematis Melalui Strategi Brain Based Learning. JuMlahku:Jurnal Matematika Ilmiah, 7(1), 64–78.
Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438
Gresham, G., & Burleigh, C. (2019). Exploring early childhood preservice teachers’ mathematics anxiety and mathematics efficacy beliefs. Teaching Education, 30(2), 217–241. https://doi.org/10.1080/10476210.2018.1466875
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 23–30.
Ilmi, A. R. M., & Puspita, E. (2022). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMA Pada Era Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains, 6.
Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 04(01), 927–932. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222
Isyam, Y. A. N., Susanto, & Oktavianingtyas, E. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. Kadikma, 10(1), 74–84.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 22. Tahun 2016. 53(9), 1689–1699.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. In Washington DC : National Academy Press.
Kurniawan, K., Asnawati, R., & Djalil, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(1), 74–79.
Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37–45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265
Mahmud, M. S., Mardiayana, & Fitriana, L. (2021). Bagaimana Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Online. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1190–1197.
Maulana, P. A., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Siswa MTS Kelas VIII Pada Materi Statistika Di Masa Pandemi Covid-19. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1393–1404. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1393-1404
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24
Nurdin, E., Ma, A., Amir, Z., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100–111. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3274
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34
Putri, A. O. D. A., Ariyanto, L., & Aini, A. N. (2021). Pengaruh Kecemasan dan Self-Efficacy Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Kelas VII Tahun Ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik), 31–36.
Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(April), 1–26. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1684
Sakarti, H. (2018). Hubungan Kecemasan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains (JPIS), 7(1), 28–41. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/766/685
Santoso, E. (2021). Kecemasan Matematis: What and How? Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(1), 1–8. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/1/1
Shishigu, A. (2018). Mathematics Anxiety and Prevention Strategy: An Attempt to Support Students and Strengthen Mathematics Education. Mathematics Education Trends and Research, 2018(1), 1–11. https://doi.org/10.5899/2018/metr-00096
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Penerbit Alfabeta, Bandung.
Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika (Beta).
Tahir, & Marniati. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Miskonsepsi Matematis Siswa SD Negeri 1 Lalolae. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 74–83.
Wijaya, R., Fahinu, & Ruslan. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173–184. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867
Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics anxiety and achievement among secondary school students. American Journal of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832. https://doi.org/10.3844/ajassp.2012.1828.1832
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7694
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: