ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VII

Indra Kristanti
Anwas Mashuri
Oki Ribut Yuda Pradana

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam masalah matematika terutama dalam mengerjakan atau memecahkan masalah soal operasi aljabar dan mengetahui faktor kesalahan pada materi operasi aljabar yang telah dilakukan oleh  siswa kelas VII. Jenis penelitian yag dilakukan ini adalah penelitian kualitatif yaitu  dengan melakukan observasi, kemudian peneliti memberi beberapa soal yang diberikan kepada subjek peneliti untuk dikerjakan.

Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini berupa 4 butir soal yaitu tentang operasi bentuk aljabar yang sudah divalidasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B berjumlah 30 siswa yang mengikuti proses penelitian, kemudian peneliti memilih 3 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian. Instrumen dari penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi atau pengamatan, tes tulis dengan memberikan soal, lalu wawancara. pada hasil penelitian yang telah diamati, beserta hasil wawancara digunakan untuk menentukan faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi, hasil tes menunjukkan bahwa siswa membuat banyak kesalahan dalam kesalahan konsep. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yang sering terjadi biasaya terburu-buru dalam memecahkan atau menyelesaikan soal, kurangnya pemahaman rumus yang digunakan, dan tidak ada pengusaan materi aljabar.


Keywords


Kesalahan, Aljabar, Kelas VII

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1–13. Limardani, G. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman skemp pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan XXIX. Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya. Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2). Purwati, N., & Mashuri, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics, 1(2), 62–67. Rahmawati, A. D. (2014). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Di Kelas X SMAN 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. UNS (Sebelas Maret University). Ribut, O. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PRESTASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 61–65. Sumarni, Y. (2018). Matematika Dalam Ilmu Manajemen. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 11–24. SYAFITRI, L. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG ALJABAR DITINJAU DARI OBJEK MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP KENCANA SASTRA TP 2019/2020.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7900

Article Metrics

Abstract views : 230| PDF views : 135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: