ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BAGIAN MENGGAMBAR GRAFIK PADA BIDANG CARTESIUS

Rizka Nanda Annisa Bouty
Budi Sasomo
Arum Dwi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, mencari penyebab kesalahan dan menyelesaikan persamaan linier. Subyek penelitian adalah Kelas VIII A SMP Ma'arif Ngawi yang berasal dari 3 siswa terbaik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes wawancara, . Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat jenis-jenis kesalahan siswa, antara lain: 1. Kesalahan konseptual, konsep yang tersusun dari definisi, seperti kalimat, simbol atau rumus yang jala seperti yang dimaksudkan oleh konsep. 2. Kesalahan prinsip, kesalahan ini pada dasarnya adalah kesalahan dalam menggunakan aturan atau rumus matematika, kesalahan dalam menggunakan konsep yang berkaitan dengan persamaan linier. 3. Fakta kesalahan, Fakta adalah kesepakatan konsensus dalam matematika yang biasanya dinyatakan dengan simbol-simbol tertentu (Fathani, 2009: 59). 4. Ketrampilan (Skills). Keterampilan adalah kemampuan prosedur untuk menggunakan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah. Istilah yang sering digunakan juga merupakan algoritma yang merupakan singkatan dari langkah-langkah standar untuk memecahkan masalah. Ketika mempelajari keterampilan, penekanannya adalah pada kemampuan untuk menerapkan urutan, langkah-langkah prosedur kerja. Seorang pembelajar disebut keterampilan jika ia dapat menggunakan urutan, prosedur atau langkah kerja (Shadiq, 2011; 14-15). Di skill yang paling banyak dialami siswa, karena siswa masih belum paham langkah mana yang harus dilakukan terlebih dahulu.


Keywords


analisis,persamaan garis lurus,kesalahan

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Fitria Nur Kusti, Sri Hariyani, and Riski Nur Istiqomah Dinullah. 2019. “Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson.” Jurnal Review Pembelajaran Matematika 4(1):11–22.

Aprilia, Dwi Efi. 2021. “KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME.”

Bahar, Erni Ekafitria. 2021. “ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. DDI WALIMPONG KABUPATEN SOPPENG.” MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):20–29.

Lantang, Gisela, Victor R. Sulangi, I. Wayan Damai, and Aaltje S. Pangemanan. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Kriteria Watson.” MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi 2(2):39–52.

Moleong, Lexy J. 2011. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan XXIX.” Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya.

Mufidah, Milhah, Oki Pradana, and Budi Sasomo. 2022. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(1):111–22.

Rahmawati, Arum Dwi. 2014. “Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Di Kelas X SMAN 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014.”

(Aisyah, Hariyani, and Dinullah 2019; Aprilia 2021; Bahar 2021; Lantang et al. 2021; Moleong 2011; Mufidah et al. 2022; Rahmawati 2014)




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7902

Article Metrics

Abstract views : 220| PDF views : 164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: