Analisis Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Rohim Andriono
Trisna Roy Pradipta

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa jika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah peneletian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneletian dilaksanakan pada kelas X-2 SMK S Bina Cendekia Lewiang Kabupaten Bogor dengan subjek sebanyak 40 siswa. Penelitian diawali dengan memberikan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan kriteria tinggi, sedang, dan rendah. Setelah mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dilakukan proposive sempling. teknik proposive sempling adalah teknik pengambilan data dengan cara memperhatikan pertimbangan pertimbangan tertentu (Wahyuni, & Haryo, 2018). Proposive sempling yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes penalaran matematis siswa dan juga wawancara kepada siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi tinggi, siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi sedang, serta siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi rendah. Hasil penelitian dari 40 siswa kelas X-2 SMK S Bina Cendekia Lewiang Kabupaten Bogor dari aspek motivasi belajarnya adalah frekuensi paling banyak yaitu siswa dengan motivasi belajar sedang, yaitu sebanyak 27 siswa. Siswa dengan motivasi belajar tinggi sebanyak delapan siswa dan siswa dengan motivasi belajar rendah dengan frekuensi paling kecil yaitu sebanyak lima siswa. Sedangkan hasil penalaran matematis siswa akan dibahas secara mendetail di bagian hasil dan pembahasan berdasarkan siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi tinggi, siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi sedang, serta siswa yang mempunyai kriteria belajar dengan motivasi rendah.


References


DAFTAR PUSTAKA Alifia, Z., & RoyPradipta, T. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1062–1070. Alsalamah, N. A. (2020). Eksplorasi Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional, (201920). Annur, M. F. (2020). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. , Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(2), 195–201. Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktif Matematika, 3(1), 77–86. Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., … Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Durage, A., Silva, A. De, & Khatibi, A. (2017). Do the Demographic Differences Manifest in Motivation to Learn Science and Impact on Science Performance ? Evidence from Sri Lanka. Int J of Sci and Math Educ, (march). https://doi.org/10.1007/s10763-017-9846-y Ellis, A., & Ellis, A. (2018). Teacher moves for supporting student reasoning. Mathematics Education Research Journal, (5). Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 455–460. Laili, H. (2016). Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PBL Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa The Effectiveness of the CTL and PBL Approaches Viewed from Students ’ Motivation and Achievement in Mathematics Learning. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25–34. Lidia Lomu, S. A. W. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751. Neny Lestari, Yusuf Hartono, dan P. (2016). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PALEMBANG. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 10(1). Nurfadhilah, Z. A. M. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Pada Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 171–182. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.714 Pujiastuti, H. (2020). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA yang baru pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia . Akan tetapi dalam kenyataannya dalam pembelajaran di kelas , sehingga siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran , agar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. Sari, N., & Sunarno, W. (2018). SEKOLAH MENENGAH ATAS THE ANALYSIS OF STUDENTS LEARNING MOTIVATION ON PHYSICS LEARN- ING IN SENIOR SECONDARY SCHOOL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. Schindler, M., & Hußmann, S. (2017). Sixth-grade students ’ reasoning on the order relation of integers as influenced by prior experience : an inferentialist analysis. Mathematics Education Research Journal, 471–492. https://doi.org/10.1007/s13394-017-0202-x Sjukur, S. B. (2012). DAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SMK THE EFFECTS OF BLENDED LEARNING ON THE LEARNING. 2(November 2012), 368–378. Sugandi, L. F. I. A. Y. A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Habits Of Mind Siswa SMPDalam MateriSegiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 4, 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999 Syarif, I. (2012). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI THE INFLUENCE OF BLENDED LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Abstract : The Influence of Blended Learning Model on Motivation and Achievement of Vocational. Jurnal Pendidikan Vokas, 2(2), 234–249. Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Haryo, D. (2018). Berpikir reflektif dalam pemecahan masalah pecahan ditinjau dari kemampuan awal tinggi dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa sma pada materi limit fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.409-414




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.8016

Article Metrics

Abstract views : 348| PDF (Bahasa Indonesia) views : 230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: