PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN NEW NORMAL

Fithriya Wahidah
Asih Miatun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematika ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMA pada pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA 3 SMAN 18 Jakarta Utara. Subjek penelitian sebanyak 3 orang terdiri dari 1 orang setiap kategori resiliensi matematis dipilih secara purposive sampling berdasarkan resiliensi matematis yang dimiliki untuk dianalisis kemampuan berpikir kritis matematikanya. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematika, angket resiliensi matematis dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan resiliensi tinggi memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dalam kategori baik, analisis dalam kategori sangat baik, dan evaluasi dalam kategori cukup. (2)  Siswa dengan resiliensi sedang rata-rata mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dalam kategori sangat baik, analisis dalam kategori sangat baik, dan evaluasi dalam kategori cukup. (3) Siswa yang memiliki resiliensi rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir yaitu analisis dalam kategori sangat baik.


Keywords


Critical thingking, Resilience mathematical.

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. 6(1), 1–19.

Agustiana, J. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.80

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362

Asmuni, A. (2020). Problems of Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period and Solutions to Solve it. Journal of Pedagogy, 7(4), 281–288.

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Chusna, C. A., Rochmad, R., & Zaenuri, Z. (2023). Mathematical Reasoning of Class VII Students in terms of Mathematical Resilience in TAI Learning with the RME Approach Aided by Graphic Organizer. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 12(1), 9–16.

Damayanti, I., Gusniawati, & Buhaerah. (2021). Implementasi Pertanyaan Metakognisi Melalui Metode Improve Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 3(November 2020).

Dewi, S. I. K., & Kusrini. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 195–202.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Dimyati, M. (2019). Metodologi Riset Pemasaran. Repository USU, June, 307.

Erna Sari Agusta. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AksiomaALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(2), 145–165.

Faradillah, A., & Humaira, T. (2021). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. 05(02), 1978–1991.

Fatimah, A. E., & Fitriani, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari resiliensi matematis mahasiswa pendidikan teknik informatika dan komputer. Journal of Didactic Mathematics, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2.871

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224

Johnston-Wilder, S., Goodall, J., & Almehrz, H. (2018). Overcoming Statistical Helplessness and Developing Statistical Resilience in Learners: An Illustrative, Collaborative, Phenomenological Study. Creative Education, 09(07), 1105–1122. https://doi.org/10.4236/ce.2018.97082

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

KEMENDIKBUD RI. (2016). Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2016. Permendikbud, 53(9), 1689–1699.

Komala, E. (2018). Mathematical Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Instruction Integrasi Peer Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 357–364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.324

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1597/288

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Pelajaran Ipa Siswa Kelas Vii Smp. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.

Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma : Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 160–167.

Mulyadi, K., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Pencapaian Dan Kendala Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( PTMT ). 3(1), 37–46.

Murni, V., Dewi, R., Jehadus, E., & Sugiarti, L. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Resiliensi Matematis Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1147–1158. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.546

Mustika, E., Cahyani, D., Apriyani, N., Qudsiyah, K., Matematika, P. P., & Pacitan, S. P. (2021). Profil Reriliensi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 1–7.

Muthianisa, H., Nia, K., & Effendi, S. (2022). Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ). 8(1).

Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606

Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. VIII, SNF2019-PE-9–16. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.02

Putri, F. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori Apos Pada Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 6 Sekayu. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.29

Rahmawati, C. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 181. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387

Ridlo, A. Z., & Rukmigarsari, E. (2021). Pengaruh Habit Of Mind Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pola Bilangan Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS MA ’ Arif Sukorejo. Jp3, 16(12), 100–105.

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikas- inya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 9(1), 17–22. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Sauri, S., Munawaroh, T., Riswanto, D., & Nurbani, S. (2020). Pembelajaran Virtual Pada Masa Pandemic Covid-19: Tantangan Dan Solusi Permasalahan. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 2(2), 16–26. https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1129

Septianingsih, M. (2021). Pembelajaran Langsung pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-4 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8407–8415.

Slavin, R.E. 2009. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Edisi ke-9 diterjemahkan oleh Marianto Samosir. PT Indeks, Jakarta.

Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Generatif. In Jurnal Perspektif Pendidikan (Vol. 11, Nomor 2, hal. 67–77). https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/393

Sugiono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta

Widianingrum, R. T. F., Asrul, A., & Irianti, M. (2022). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD se-Gugus I Salawati Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–73. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1897

Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2017). Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar. 8(2), 10–15.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.8375

Article Metrics

Abstract views : 367| PDF views : 255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: