Analisis Komunikasi Matematis Berdasarkan Kecemasan Tipe Ganda Mood dan Motoric pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aflahah, U., Fathurohman, I., & Purbasari, I. 2021. Gangguan Belajar dan Cara Mengatasinya dalam Film Taare Zameen Par. Jurnal Education, 7 (3): 1143-1153.
Amaliya, D. & Fathurohman, I. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5 (1): 45-56.
Anita, N., dkk. 2020. Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Integrisi Matematika dan Nilai-Nilai Islami, 3 (1): 206-211.
Annisa, D. F., & Ifdil, I. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjutan Usia (Lansia). Jurnal Konselor. 5(2): 93-99.
Ardiyanti, F. T. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Discovery Learning Berbantuan Edmodo. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Badjeber, R & Purwaningrum, J. P. 2018. Pengembangan Higer Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Guru Tua, 1 (1): 36-43.
Daimaturrohmatin & Rufiana, I. S. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Jurmas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Ponorogo, 3 (1): 17-31.
Dalimunthe, S. A. S., dkk. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1): 735-747.
Illaina, I. Ulya, H., & Sumaji. 2022. Pengembangan Aplikasi Mabar Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika: EDUMATIC, 3 (1): 49-59.
Kaya, D & Aydin, H. 2016. Elementary Mathematics Teachers’ Perceptions and Lived Experiences on Mathematical Communication. International Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12 (6): 1619-1629.
Lestari, K. E & Yudhayana, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: PT Reflika Aditama.
Maryam. Masyukur, R., & Andriani, S. 2019. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable Kelas VIII A. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (1): 110-121.
Maulyda, M. A, dkk. 2020. Analysisi of Student’s Verbal and Written Mathematical Communication Error in Solving Word Problem. Journal international of Physics: Conference Series, 2 (4): 1-10.
Murtafi’ah. Fathurohman, I., & Ulya, H. 2021. Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Wasir : Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2): 79-87.
Ng, C. T., dkk. 2022. Evaluation of math anxiety and its remediation through a digital training program in mathematics for first and second graders. International Journal Brain and Behavior, 12 (5): 1-17.
Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. 2021. Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 2 (4): 1179-1186.
Nursaadah, I. dan Amelia, R. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy, 5 (1): 1-9.
Purwaningrum, J. P. 2016. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SD Melalui Circuit Learning. JPSD, 2 (2): 125-137
Purwaningrum, J. P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6 (2): 145-157
Purwaningrum, J. P & Ahyani, L. N. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Selama Pandemi Covid-19. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5 (2): 155-162.
Rohid, dkk. 2019. Students’ Mathematical Communication Skill (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesia Context. Anatolian Journal of Education, 4 (2): 19-30.
Romandhona, A & Purwaningrum, J. P. 2021. Penerapan Teori Clark Leonard Hull dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1): 10-18.
Sari, S. M. & Pujiastuti, H. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Concept. Jurnal Kreano, 11 (1): 71-77.
Sarumaha, K. S., dkk. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMP 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 1-14.
Smieskova, E. 2017. Communication Students’ Skills as a Tool for Developing Creativity and Motivation in Geometry. International Univers, J. Educ. Res, 5 (1): 31-35.
Sumaji, dkk. 2020. Leveling of Junior High School Student Mathematical Communication in Solving Open-Ended Problem. Internasional Journal Of Scientifik & Technology Research, 9 (1): 715-718.
Sumaji, dkk. 2021. Mathematical Communication Process of Junior High School Students in Solving Problems Based on APOS Theory. International Journal for The Education of Gifted Young Scientists, 8 (1): 197-221.
Triana, M., Zubainur, A. M., dan Bahrun. 2019. Students’ Mathematical Communication Ability Through The Brain-Base Learning Approach Using Autograph. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4 (2): 1-10.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i1.8672
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: