Identifikasi pelaksanaan pembelajaran matematika pada era new normal dengan aplikasi google classroom


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fitur-fitur pada aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika daring pada masa pandemi Covid-19 di salah satu sekolah menengah negeri di Kabupaten Demak tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa angket dan pedoman wawancara. Angket berisi pernyataan mengenai 21 fitur yang disajikan dalam bentuk nama fitur dan gambar dari fitur. Angket yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan pilihan yang terdiri selalu, sering, kadang-kadang, pernah, dan tidak pernah. Wawancara dilakukan untuk mengetahui alasan guru dari penggunaan beberapa fitur Google Classrooom yang tidak dimaksimalkan sebagai media pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu rata-rata, kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa fitur yang telah dioptimalkan penggunaanya dan terdapat pula fitur yang belum secara optimal digunakan. Fitur yang memiliki persentase penggunaan tinggi yaitu, bagikan tugas, sharing materi, bagikan catatan dengan memiliki persesntase masing-masing 100%. Sedangkan, fitur yang memiliki persentase penggunaan rendah terdapat pada 4 fitur yaitu fitur diskusi, fitur polling, fitur umpan balik, dan fitur berbagi video pembelajaran dengan persentase berturut-turut sebesar 32%, 40%, 48%, 36%. Secara keseluruhan pemanfaatan fitur Google Classroom dalam pembelajaran matematika daring yaitu sebesar 66% yang termasuk pada kategori sedang.


Keywords


pembelajaran matematika, era new normal, google classroom

Full Text:

PDF

References


Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis motivasi belajar matematika siswa dalam penerapan Edmodo di masa pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan instrumen minat belajar siswa pada pelajaran matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9311

Asnur, M. N. A., Adhima, F., Ayuwijayanti, M., & Marsuki, R. R. (2019). Karaketristik pembelajaran kolaboratif bahasa ssing dalam Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Literasi Bahasa Dan Sastra Ke-4 Pembelajaran Bahasa Asing Di Era Digital, 1–11.

Assegaf, S. R. Z., Susanti, W., Esi, N., & Yani, A. (2022). Aplikasi Kahoot pada pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Adiba: Journal of Education, 2(4), 507–516.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Gunawan, P. I. Y., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(2), 133–150.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575

Hartatik, T., Hidajat, D., & Exacta, A. P. (2021). Analisis keefektifan Google Classroom dalam pembelajaran Daring. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1376

Kurniawan, A., Prabowo, G., & Falahudin, T. (2020). Media pembelajaran berbasis Google Classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97–108. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.528

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai media pembelajaran daring berbasis android bagi siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa berbasis daring di masa pndemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1326 ISSN

Mishra, S. (2016). Role of education in growth and development of the society. Splint International Journal of Professionals, 3(7), 84–91. https://search.proquest.com/docview/1906048374

Muhyiddin. (2020). Covid-19, new normal, dan perencanaan pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Nurdin, G. M., Amaliah, N., & Nurhalisah, S. (2022). Analisis penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 212–216. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1645

Qian, M., & Jiang, J. (2022). Covid-19 and social distancing. Journal of Public Health: From Theory to Practice, 30(1), 259–261. https://doi.org/10.1007/s10389-020-01321-z

Qomariah, S., Nursobah, & Lailiyah, S. (2019). Implementasi pemanfaatan Google Classroom untuk pembelajaran di era revolusi 4.0. Sindimas: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 29, 227–231.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The implementation of Google Classroom as the e-Learning platform for teaching non-parametric statistics during Covid-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5793–5803. https://www.researchgate.net/publication/342719907

Utami, E. W. (2020). Kendala dan peran orangtua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555

Zakirman, & Chici Rahayu. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 31. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i1.8691

Article Metrics

Abstract views : 155| PDF views : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: