MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PERSAMAAN TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA

Nafiah Nafiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil  belajar siswa tentang Persamaan Trigonometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian  pada Siklus I siswa dikelompokkan berdasarkan tempat duduk yang berdekatan, didapatkan hasil observasi kegiatan guru 83,33 %, keikutsertaan  siswa dalam pembelajaran minimal Baik 83,33 %, dan hasil belajar 29 dari 36 siswa atau 80,56 % mencapai KKM, dengan nilai terendah 40, tertinggi 100, dan rata-rata 79,72. Hal ini sudah sesuai kriteria 80 %. Pada Siklus II diubah dengan cara siswa yang memperoleh nilai tinggi pada Siklus I disebarkan ke tiap-tiap kelompok untuk membantu teman yang kurang pintar. Pada Siklus II didapatkan hasil observasi kegiatan guru 100 %, keikutsertaan siswa dalam pembelajaran minimal Baik 94,44 %, dan hasil belajar 33 dari 36 siswa atau 91,67 % mencapai KKM, dengan nilai terendah 50, tertinggi 100, dan rata-rata 84,44. Jika dibandingkan dengan Prasiklus, hasil kegiatan Siklus I ada peningkatan pada pencapaian kompetensi siswa yaitu sebesar 10,38 %. Dan jika dibandingkan dengan Siklus I, pada Siklus II ada peningkatan pada pencapaian kompetensi siswa yaitu sebesar 5,97 %.  Jadi, jika dibandingkan dari hasil Prasiklus, maka hasil Siklus II ada peningkatan kompetensi siswa sebesar 16,92 %.

Keywords


Student Teams Achievement Division (STAD),hasil belajar, persamaan trigonometri

References


Aqib, Zaenal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP, SMA, dan SMK. Bandung : Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

David, Johnson W, dkk. 2012. Collaborating Learning. Bandung : Ujung Berung

Hamzah dan Nurdin Mohamad, 2015. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Ujung Berung

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabet

Rusman. 2018. Metode Belajar Guru Profesional. Jakarta : Rajawali Pers

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia

Sanjaya, Ade. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kharisma Putra

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana

W.J.S. Poerwadarminta. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.8992

Article Metrics

Abstract views : 128| PDF (Bahasa Indonesia) views : 173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: