KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA

Yusak Imanuel Bien
Barnabas Ninef
Netty J. M Gella

Abstract


Pemahaman konsep adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematika.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model problem based learning (PBL) berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model quasi eksperimen yang didesain dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Satu atap Penmina dengan melibatkan dua kelas penelitian yaitu satu kelas ekperimen dan satu kelas kontrol yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian yang terdiri dari soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji t-sampel independen dan skor gain. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model PBL berbantuan alat peraga lebih baik dari pada siswa yang tidak mendapat pembelajaran model PBL berbantuan alat peraga. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model PBL berbantuan alat peraga berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor gain 0,70. Sedangkan data skor gain kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas kontrol sebesar 0,16 yang berkategori rendah.


Keywords


Alat Peraga, PBL, Pemahaman Konsep

References


Anwar, K dan Jurotun. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Matematika Kreano, 10 (1): 94-104.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S dan Wijaya, A. P. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (2): 146-157.

Attalina, S. N. C dan Irfana, S. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian dengan Menerapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Tolkama (Botol Perkalian Matematika) pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2 (2): 210-219.

Bien, Y. I., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. 2019. Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1):39-45.

Dewi, N. L. K dan Parwati, N. N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI Aph C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of Instruction, 1 (1): 29-36.

Ernalis. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Matematika SD dalam Merancang Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Melalui Bimbingan Berkelompok. Jurnal PAJAR, 3 (4): 847-858.

Febriani, F dan Suherman. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8 (3): 247-257.

Fitria, M., Kartasasmita, B dan Supianti, I. I. 2019. Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal PRISMA, 8 (2): 124-134.

Lestari, D. 2015. Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3 (2): 129 – 41.

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: Refika Aditama.

Nurlita, J., Robandi, B dan Fitriani, A. D. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (3): 174-184.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah.

Riki, A dan Sutisna, A. 2020. Penggunaan Alat Peraga Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Lensa Pendas, 5 (2): 24-28.

Rosmala dan Isrok’atun. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.9805

Article Metrics

Abstract views : 38| PDF (Bahasa Indonesia) views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: