Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azisah, S., dkk. (2016). Konstektualisasi Gender Islam dan Budaya. Makasar: UIN Alauddin Makasar.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50-59.
Cahyono, B., dkk. (2019). Analysis critical thinking skills in solving problems algebra in terms of cognitive style and gender. Journal of Physics: Conference Series. 1321 022115.
Damayanti, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Himpunan dengan Model Jucama ditinjau dari Gender. Artikel Simki-Techsain, 2(7), 1-8.
Depertemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, N. R. dkk (2019). Gender perspective in mathematical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series. 1321 022094
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2023). Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2579
Djidu, H., Jailani, J., & Retnawati, H. (2021). Higher-order thinking skills among male and female students: An experimental study of the problem-based calculus learning model in secondary schools. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(2), 107–125. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i2.432
Fauziah, S dan Caswita. (2019). The Analysis of Students’ Mathematical Critical Thinking Skills in Terms of Gender. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 222, 127-131.
Hayudiani, M., Arif, M. dan Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal’. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 21-27.
Indrawati, N. dan Tasni, N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender, Jurnal Saintifik, 2(1), 16-25.
Lestari, E. K. dan Yudhanegara, R. M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mufida, N., Fathurohman, I., & Purwaningrum, J. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 3 Undaan Lor pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1274–1283.
Permani, K. D., dan Prabawanto, S. (2020). Analysis of Students’ Mathematical Critical Thinking Based on Gender in the Topic of Linear Programming. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1882-1890. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/1118
Probosiwi, R. (2015). Perempuan dan Perannya dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial (Women and Its Role on Social Welfare Development). Jurnal Kajian Ilmu Administrasi Negara, 1(3), 41-56.
Purwaningrum, J. P. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 102–114. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2657
Rahmawati, S. I., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Smatris ( Smart & Kritis ) Apps Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3071–3083.
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender. Jurnal Saintifik, 2(1), 16-25.
Suherman, H. E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan NasionalDOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i1.9829
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: