Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiym, Y., Galiya, K., Ademi, B., Meirambek, A., Kamshat, Z., & Gulmira, K. (2022). Development of The Logical Thinking of Future Mathematics Teachers Through The Use of Digital Educational Technologies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6), 2001–2012. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i6.7548
Anggraeni, D., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Penggunaan Model Diskursus Multy Reprecentacy Berbantuan Media Kelubang Tarif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 625–633. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.800
Anriani, N., Pamungkas, A. S., Iskandar, K., & Istiandaru, A. (2019). Improving Logical Thinking Skills Using HOTS-Based Mathematics Teaching Material. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012093
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ariyanto, M. P., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Menentukan Gradien Garis Lurus Berbantuan PhET Simulation. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 75–84. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/10764
Damayanti, D., Purwaningrum, J. P., & Ulya, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berbantuan Desmos pada Siswa SMA Kelas X. JIPMat, 8(2), 163–173. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15960
Devianti & Hakim, D.L. (2021). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU, 8(1), 304-312.
Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1165–1173. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Hartati, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 267–274.
Jannah, M., Hilyana, F. S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 239–244. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4484
Luksiana, E., & Purwaningrum, J. P. (2018). Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 98–102. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2936
Milson, A. L., & Wewe, M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65–69.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. 11(1), 6–12.
Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty In Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Garner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2(2).
Savitri, N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII Di MTsN 2 Padangsidimpuan [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Wahidah, N., & Hakim, D. L. (2022). Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Statistika. Didactical Mathematics, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
Yanah, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 355–366.https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1995
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i1.9899
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: