CALLIGRAPHY ART TRAINING TO IMPROVE CHILDREN'S CREATIVITY AT MI NU TBI KLUMPIT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengembangan minat dan bakat kaligrafi siswa di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus, melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif analisis dan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan minat dan bakat kaligrafi siswa sudah terlaksana, meskipun terdapat faktor penghambat. Pengembangan tersebut berjalan baik dengan adanya perlakuan khusus menjelang perlombaan untuk meraih prestasi. Faktor pendukung meliputi motivasi dan peran guru, pemanfaatan waktu luang, dan fasilitas yang memadai. Namun terdapat beberapa kendala seperti waktu kegiatan yang singkat, siswa kesulitan dalam membuat khat, fokus terganggu, dan kurangnya guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif Fahroni. (2024). Wawancara pra penelitian oleh penulis.
Al-Faruqi, I. R. (1999). Seni tauhid : esensi dan ekspresi estetika Islam. Yayasan Benteng Budaya.
Chaerunnisa Nabila Aulia, & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SCRATCH. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1577–1584. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1577-1584
Dr. Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, E. a. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Fuad, A., Rosanti, C., Setianto, G., & Sulaiman, M. A. (2024). Menumbuh-kembangkan Potensi Melalui Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi Islam Bagi Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 345–349. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1063
Hasyim, M., & Najibah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa berbasis Pembiasaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah. Journal of Education and Religious Studies, 2(02), 53–61. https://doi.org/10.57060/jers.v2i02.62
Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2020). Peran kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Jurnal Pendidkan, 8(2), 1–7.
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Kurniawati, D. (2016). the Ethical and Aesthetical Dimension of Figurative Classical Calligraphy Painting. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, 5(2), 115–132. https://doi.org/10.21580/tos.v5i2.1723
Sa’adah, N. S., Nurfitriyah, S., & Ahmadiah, D. (2024). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam untuk Meningkatkan Kreativitas Santri MDTA Al-Falah di Desa Telarsari. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 67–73. https://doi.org/10.52593/svs.04.2.04
Sabatari, W. (2015). Seni: Antara Bentuk Dan Isi. Imaji, 4(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v4i2.6716
Shaleh, A. R. (2005). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam / Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab. Prenada media.
Sholeh Hidayat,, Prof. Dr. H., M. P. (2017). Pengembangan Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Silverman, L. K. (1990). Social and emotional education of the gifted: The discoveries of leta hollingworth. Roeper Review, 12(3), 171–178. https://doi.org/10.1080/02783199009553265
Sitiatava Rizema Putra. (2013). Panduan pendidikan berbasis bakat siswa : Optimalisasi minat dan bakat anak / Sitiatava Rizema Putra. Diva Press.
Sugiyono. (1967). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV.
Ummah, M. S. (2019). pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik i. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Wiratno, T. A. (2018). Seni Lukis Konsep Dan Metode. In INA-Rxiv Papers.
DOI: https://doi.org/10.24176/arties.v3i1.14319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025
ARTiES Statsistics
Indexed by:
ARTiES: International Journal of Arts and Technology in Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to:
