Sistem Informasi Penjualan Online Pada Toko Bangunan Di Kabupaten Jepara Berbasis Website

Syaifur Rijal
Esti Wijayanti
Esti Wijayanti
Ahmad Abdul Chamid
Ahmad Abdul Chamid

Abstract


Penjualan material bangunan sangat penting dalam pembuatan rumah dan bangunan lainnya, namun dalam proses penjualan di beberapa Toko penjual bahan bangunan masih dilakukan dalam bentuk sistem manual yaitu dengan cara konsumen datang ke toko untuk membeli produk. Kurangnya media informasi juga dapat membatasi pemasaran produk yang mempengaruhi omset penjualan, tentu hal ini dapat menjadi masalah karena terbatas oleh waktu dan tempat yang tidak bisa diakses setiap saat. Untuk memperluas promosi dan mempermudah dalam mengakses informasi, harga, dan jenis produk yang ditawarkan maka perlu dibuat website penjualan online untuk Toko-toko bangunan, dengan adanya website tersebut pengelola dapat menjalankan fungsi yang berkaitan dengan kegiatan operasional secara optimal dan konsumen dapat dengan mudah mengakses informasi, melakukan transaksi pembelian dan pembayaran kapan pun dan di mana pun tanpa harus datang guna menghemat waktu dan tenaga. Media berbasis website ini di harapkan dapat membantu dan menjadi solusi untuk kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Media berbasis website ini di harapkan dapat membantu dan menjadi solusi untuk kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Sistem akan dikembangkan dengan basis website responsive dengan bahasa pemrograman PHP dengan Framework OOP dan menggunakan database MySql.

 

 


Keywords


Toko Bangunan, Penjualan, Web Responsive, PHP, OOP, MySql

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariestian, R., & Mulyono, H. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Emas pada PT. Pegadaian Cabang Mall Kapuk Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(1).

Febriyanto, E., Rahardja, U., Alnabawi, N., Stmik, D., Jurusan, R., Informasi, S., Informasi, M. S., Raharja, S., & Jenderal, J. (2018). Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda. In JURNAL INFORMATIKA UPGRIS (Vol. 4, Issue 2).

Hardianingsih, A., Bertha, E., & Malaihollo, E. A. (n.d.). Design of Web-Based Used Motorcycle Sales Information System on Motorcycle Dealers. In International Journal of Service Science (Vol. 2, Issue 2).

Jakaria, D. A., & Sentosa, Y. B. (2019). Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Bangunan Sribayu Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).

Manajemen, J. E., Akuntansi, D., Mustikasari, D., & Purwantini, K. (n.d.). METODE RATA-RATA BERGERAK DI CV. ANEKA JAYA MRANGGEN.

Maulana, M., & Sofica, V. (2023). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Codeigniter Pada Toko Agam Aceh. Informatics for Educators And Professionals : Journal of Informatics, 7(2), 28534471.

Prabowo, B. R., Arwani, I., & Pramono, D. (2021). Pengembangan Website Toko Online Baju Bekas (Studi Kasus : Toko Gudang Jumat) (Vol. 5, Issue 12). http://j-ptiik.ub.ac.id

Rizky Febriani, Y., & Irawan, D. (n.d.). Perancangan E-Commerce Bahan Bangunan pada PT. Indo Metro Surya Andola Berbasis Web.

Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1).

Saputro, I. A., Supriyati, E., & Listyorini, T. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE PADA HOME INDUSTRY ECENG GONDOK ALYA HANDY CRAFT DI KABUPATEN KUDUS. In Bina Informatika dan Komputer (BINER) (Vol. 1, Issue 1).

Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan oleh Sales Marketing pada PT.Erlangga Mahameru. In Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) (Vol. 1, Issue 1). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Susilo, M., & Kurniati, R. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online menggunakan Metode Waterfall (Vol. 2, Issue 2).

Wahid, A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. https://www.researchgate.net/publication/346397070

Zaliluddin, D., & Rohmat, R. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore). INFOTECH Journal, 4(1), 236615.


Article Metrics

Abstract views : 34| PDF views : 24

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer