Analisis Pembebanan Statis Roll Bar Chassis Mobil Hemat Energi

Kholiq Deliasgarin Radyantho - [ https://orcid.org/0000-0001-5692-3953 ]
Shafera Maulana Rahman
Muhammad Hakim Fadhillah
Daffa Akmalludin Arrizal
Sajri Ramadhani
Kevin Joshwadi Malau
Rizal Muhammad Hakiky
Eka Yoga Wiratmoko
Happy Aprillia - [ https://orcid.org/0000-0002-5263-0608 ]
Devy Setiorini Sa’adiyah
Alfian Djafar - [ https://orcid.org/0000-0003-1311-2266 ]
Hadhimas Dwi Haryono

Abstract


Regulasi pembatasan emisi gas buang dari kendaraan bermotor mulai banyak diterapkan di banyak negara mendorong industri otomotif untuk beralih menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, seperti mobil listrik. Pada penelitian ini analisis pembebanan dilakukan berdasarkan peraturan teknis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 untuk mengetahui nilai tegangan, safety factor, dan defleksi pada chassis berbahan galvanized steel dan aluminium 6061 dengan pembebanan sebesar 700 N pada bagian roll hoop/roll bar. Simulasi menggunakan software CAD dengan metode finite element analysis (FEA). Pada chassis berbahan galvanized steel nilai tegangan maksimum 52,420 MPa dari batas yield strength 203,94 MPa, defleksi maksimumnya 0,461 mm, dan safety factor 3,6. Kemudian pada chassis berbahan aluminium 6061 nilai tegangan maksimum 54,410 MPa dari batas yield strength 227,52 MPa, defleksi maksimum nya 1,34 mm, dan nilai safety factor sebesar 4,2. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryono, H. D., et al. 2023. ”Rancang Bangun Kendaraan Listrik Prototipe Roda 3 Enggang EV ITK”. Majamecha, 5(2). 135–148. [2] Radyantho, K.D., Londen, B.I. and Febritasari, R. 2021. ”Experimental study of Mandrel’s effect on rotary draw bending process of aluminium 6061 pipe”, THE 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATERIALS AND METALLURGICAL ENGINEERING AND TECHNOLOGY (ICOMMET) 2020. doi:10.1063/5.0072509. [3] Hibbeler, R.C. 2014. Statics and mechanics of materials. Singapore: Pearson Education South Asia. [4] Gere, James M., & Barry J.Goodno. 2013. Mechanics of materials 8th edition. Global Engineering, 730-732. [5] Anggry, Adhe. 2021. Kekuatan bahan tegangan dan regangan pada batang. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Sungailiat. ISBN 978-623-97870-0 [6] Isworo, Hajar. 2017. ”Permodelan Analisis Pengaruh Tinggi Main Roll Hoop terhadap Tegangan dan Displacement Pada Mobil Formula Student Automotive Engineering” sjme KINEMATIKA VOL.2 NO.1, 1 Juni 2017, 37-51. [7] Oymak, Y. A., and Feyzullahoglue, E. 2021. ”Formula student race car chassis design and analysis”, Journal of Advanced Research in Natural and Applied Sciences, 7(2), 201–218. https://doi.org/10.28979/jarnas.957134 [8] Puspitasari, NA and Marsono, MP. 2021. “Simulasi Stress Analysis Pembebanan Statis Dengan Bantuan Software SolidWorks Pada Hasil Perancangan Ladder Frame Chassis Mobil Listrik Menggunakan Material AISI 4340”. Seminar Nasional-XX ITENAS. Bandung. [9] Fakhri, M.I. and Tono S. 2023. ”Analisis chassis mobil hemat energi untuk kontes KMHE tipe prototype team HMM usakti”. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Universitas Trisakti. Jakarta [10] Wibowo, Muhammad Yusuf, dkk. (2022). “Perancangan Chassis Prototype Mobil Warak dan Simulasi Statik dengan Metode Finite Element Analysis”. Jakarta: Jurnal Politeknik Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v7i2.12649

Article Metrics

Abstract views : 14| PDF views : 8

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

gs      JournalStories Main logo

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: