Pengaruh Coil Merk X dengan Coil Standar pada Mobil Calya 1200 Cc terhadap Efesiensi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar dengan Metode Gas Emission Analysis

Moh Azizi Hakim
Sony Sukmara
Erik Heriana
Ari Ekoprianto
Adi Ganda Putra

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah emisi gas buang berbahaya yang dihasikan oleh kendaraan. Pada penelitian ini penulis akan melakukan penelitian kwalitas coil standar dengan coil merk X dengan metode gas emission analysis yaitu konsumsi bahan bakar, kadar gas buang CO dan kadar gas buang HC dengan tiga variable  Rpm yaitu 1000, 4000, dan 7000, supaya masyarakat tahu bahwa penggunaan coil untuk kendaraan tidak melihat dari sisi harga, namun harus mempertimbangkan dampak polusi yang dihasilkan oleh kendaraan.  Penggunaan kendaraan roda empat banyak peminat dari masyarakat, karena mobilitas kegiatan dapat terbantu oleh kendaraan. Namun hal tersebut mengakibatkan polusi udara semakin terganggu karena banyaknya kendaraan yang mengeluarkan gas yang berpotensi merusak keasrian udara. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan konsumsi bahan bakar, serta menurunkan kadar CO dan HC pada gas buang kendaraan. Efektifitas dan kinerja pengapian sangat berpengaruh pada performa mesin, selain bahan bakar dengan kwalitas yang baik, penggunaan coil standar dan coil merk X ini ternyata jauh berbeda kwalitasnya, terutama pada konsumsi bahan bakar dengan selisih 19,6% pada putaran tinggi yaitu 7000 Rpm. Selain itu emisi gas buang sudah diatur oleh pemerintah supaya kadarnya harus diminimalisir, karena berbahaya bagi kesehatan juga lingkungan, kadar gas CO. Pada penelitian ini persentase antara coil standar dan coil merk X di angka 60% pada saat 1000 Rpm. Penelitan selanjutnya mengenai gas buang HC juga sangat berbahaya, dimana persentase antara coil standar dan coil merk X juga sangat segnifikan yaitu 26% sengan selisih 138 ppm.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. U. Wisesa and D. Dahlan, “Pengembangan Bioaditif Serai Wangi Pada Bahan Bakar Bensin Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor,” J. Ilm. Progr. Stud. Magister Tek. Mesin, vol. 10, no. 2, pp. 29–35, 2017. [2] H. W. Sudarwanto, I. W. Utami, R. Asmoro, and A. A. Wulandari, “Bahaya Emisi Gas Buang Kendaraan Berbahan Bakar Bensin dan Menumbuhkan Lingkungan Hijau di Perkotaan,” Semin. Nas. Call Pap. Hubisintek 2020, pp. 101–105, 2020. [3] S. Syarifudin et al., “Korelasi Konsentrasi Etanol 5% Pada Bahan Bakar Gasolin Terhadap Performa, dan Emisi Gas Buang Mesin Bensin 150cc,” Infotekmesin, vol. 14, no. 1, pp. 149–154, 2023, doi: 10.35970/infotekmesin.v14i1.1737. [4] D. H. T. Prasetiyo, A. Muhammad, M. A. Baihaqi, H. Abdillah, and L. K. Supraptiningsih, “Pengaruh Nilai Ron Pada Bahan Bakar Jenis Bensin Terhadap Emisi Gas Buang,” CERMIN J. Penelit., vol. 6, no. 2, p. 561, 2022, doi: 10.36841/cermin_unars.v6i2.2446. [5] M. S. Firmansyah, Wawan Purwanto, Hasan Maksum, Ahmad Arif, and M. Yasep Setiawan, “Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 2, pp. 145–158, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.6. [6] M. Rifal and N. Sinaga, “Kaji Eksperimental Rasio Metanol-Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas Buang, Torsi Dan Daya,” Gorontalo J. Infrastruct. Sci. Eng., vol. 1, no. 1, p. 47, 2018, doi: 10.32662/gojise.v1i1.140. [7] S. Machmud, “Analisis Pengaruh Tahun Perakitan Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor,” J. Mesin Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 21–29, 2021, doi: 10.29407/jmn.v4i1.16038. [8] A. N. Syaief, M. Adriana, and A. Hidayat, “Uji Emisi Gas Buang Dengan Perbandingan Jenis Busi Pada Sepeda Motor 108 Cc,” Elem. J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, p. 01, 2019, doi: 10.34128/je.v6i1.82. [9] J. Sriyanto, “Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor,” Automot. Exp., vol. 1, no. 3, pp. 64–69, 2018, doi: 10.31603/ae.v1i03.2362. [10] A. Supriyanto, H. Maksum, and D. S. Putra, “Perbandingan Penggunaan Berbagai Jenis Bahan Bakar Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah. JurusanTeknik Otomotif. Universitas Negeri Padang. Sumatra Barat.,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3079%0Ahttps://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/viewFile/3079/2243




DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v7i2.12651

Article Metrics

Abstract views : 9| PDF views : 4

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

gs      JournalStories Main logo

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: