Analisis Aerodinamika pada Airfoil NACA 2412 terhadap Gaya Angkat dan Gaya Hambat
Sari
Airfoil merupakan bentuk dari sayap pesawat yang bertujuan agar mendapatka gaya angkat yang besar dan gaya hambat yang kecil. Pada penelitian ini menggunakan airfoil tipe NACA 2412 dengan wind tunnel tipe subsonic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya angkat dan gaya hambat setiap variasi dari airfoil yakni airfoil dengan panjang chord 12 cm, 14 cm dan 16 cm berdasarkan nilai koefisien tekanan dari setiap variasi airfoil. Penelitian ini menghasilkan nilai gaya angkat terbesar yang terdapat pada airfoil dengan panjang chord 16 cm dan sudut serang α20°, sedangkan untuk gaya hambat terkecil terdapat pada airfoil 12 cm dengan sudut serang α16°. Nilai koefisien tekanan kontur pada bagian bawah airfoil lebih besar dibandingkan dengan koefisien tekanan pada bagian atas airfoil disemua variasi dan sudut serang yang dipakai. Penurunan koefisien terbesar terjadi pada variasi chord 16 cm dengan sudut serang α20°.
Kata kunci: airfoil, gaya angkat, gaya hambat, chord.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Mahardika, A. (2018, January 1). Unjuk kerja model kincir angin tipe giromill dengan variasi bentuk sudu NACA 0018, NACA 0021 dan NACA 0024. https://repository.usd.ac.id/id/eprint/17751 [2] Santamaría, L., Vega, M. G., Garcia-Diaz, M., Díaz, K. M. A., & Oro, J. M. F. (2024). Different calibration methods for a three-component strain gauge balance to measure aerodynamic forces on airfoils. Sensors and Actuators. A, Physical, 115511. https://doi.org/10.1016/j.sna.2024.115511 [3] Jawahar, H. K., Ali, S. a. S., Azarpeyvand, M., & Da Silva, C. R. I. (2020). Aerodynamic and aeroacoustic performance of high-lift airfoil fitted with slat cove fillers. Journal of Sound and Vibration, 479, 115347. https://doi.org/10.1016/j.jsv.2020.115347 [4] Livya, E., & Pillai, S. N. (2023). The Influence of Serrated Trailing-Edge Over NACA 0020 Airfoil at Different Turbulence Intensities. In Lecture notes in mechanical engineering (pp. 19–24). https://doi.org/10.1007/978-981-19-6970-6_4 [5] Yong, T. H., & Dol, S. S. (2015). Design and Development of Low-Cost Wind Tunnel For Education Purpose. IOP Conference Series: Materials Science And Engineering, 1. [6] Mauro, S., Brusca, S., Lanzafame, R., Famoso, F., Galvagno, A., & Messina, M. (2017). Small-Scane Open-Circuit Wind Tunnel: Design Criteria, Construction and Calibration. International Journal of Applied engineering Research, 12, Orcid: /0000-0002-5377-7628. [7] Purwanto, H., Andary, S. R., & Hartono. (2019). Rancang Bangun Wind Tunnel Menggunakan Smoke Generator Pada Aerodinamika Kendaraan. Prosiding. [8] Santamaría, L., Vega, M. G., Pandal, A., Pérez, J. G., Velarde-Suárez, S., & Oro, J. M. F. (2022). Aerodynamic Performance of VAWT Airfoils: Comparison between Wind Tunnel Testing Using a New Three-Component Strain Gauge Balance and CFD Modelling. Energies, 15(24), 9351. https://doi.org/10.3390/en15249351 [9] Ghofar, A. M. (2018). Pemilihan Sudut Pasang Airfoil NACA 2412 Pada Tail UAV Male Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamic Untuk Memperoleh Gaya Angkat Maksimal. Universitas Islam Indonesia, Jurusan Teknik Mesin. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. [10] Kulshreshtha, A., Singhal, P., & Gupta, S. K. (2020). FEM/CFD Analysis Of Wings At Different Angle Of Attact. Materialstoday Proceeding, https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.02.342 [11] Wicaksono, M. F. A., Pohan, G., & Hidayath, I. T. (2022). Analisa Aerodinamika Airfoil Pesawat Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamic Dan Wind Tunnel. Jurnal Flywheel, 13(1), 21–35. https://doi.org/10.36040/flywheel.v13i1.4744 [12] Hosseinzadeh, S., & Tabri, K. (2020). Numerical Investigation of Hydroelastic Response of a Three-Dimensional Deformable Hydrofoil. Conference Paper, 77-85.
DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v7i4.13829
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Indexed by:
Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to: