Penambahan HHO pada Bahan Bakar dan Restore Condition Engine guna Meningkatkan Performa Motor 4 Tak 125 CC

Arif Hidayat Purwono, Suhartoyo Suhartoyo, Karminto Karminto, Alfian Pragita Rosyid

Sari


Tujuan penelitian ini meningkatkan performa kendaraan keluaran tahun lama yang tidak bertenaga karena usia penggunaan dari unit, dan tentunya telah mengalami beberapa keusan di bagian liner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembalikan performa mesin dan meningkatkan performa mesin dengan cara restore condition engine. Peningkatan performa mesin dengan cara penggantian liner dan torak, kemudian penambahan HHO untuk suplai ke bahan bakar agar pembakaran menjadi lebih sempurna. Pembakaran sempurna akan mengurangi kandungan CO dan HC pada gas buang. Bahan bakar yang digunakan adalah pertalite yang dicampur dengan HHO di dalam karburasi yang akhirnya masuk ruang bakar. Mesin dalam pengujian menggunakan mesin 4 tak, untuk roda dua kapasitas 125 CC tahun 2006. Penggantian liner dan torak pada kendaraan serta penambahan gas HHO pada saluran intake mesin akan menurunkan emisi gas buang serta menurunkan konsumsi bahan bakar dengan hasil terbaik untuk CO sebesar 0,33% dan untuk HC sebesar 94 ppm pada putaran mesin 4500 rpm. Pada uji jalan kendaraan hasil terbaik juga diperoleh pada kondisi yang sama dengan konsumsi bahan bakar 76,9 km/liter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. W. Pulkrabek, “Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. i.” [2] W. Ma, N. Biboulet, and A. A. Lubrecht, “Performance evolution of a worn piston ring,” Tribol Int, vol. 126, pp. 317–323, Oct. 2018, doi: 10.1016/j.triboint.2018.05.028. [3] M. Aris Prabowo, “ANALISA PENGGANTIAN SILINDER LINER ALMUNIUM SILICON DENGAN SILINDER LINER BESI COR PADA SILINDER BLOK MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH DENGAN KAPASITAS MESIN 113.69 CC,” Jurnal CRANKSHAFT, vol. 6, no. 1, p. 2023, 2023. [4] T. Nabil and M. M. Khairat Dawood, “Enabling efficient use of oxy-hydrogen gas (HHO) in selected engineering applications; transportation and sustainable power generation,” J Clean Prod, vol. 237, Nov. 2019, doi: 10.1016/j.jclepro.2019.117798. [5] M. Harman ; Ahyar, “Design of HHO Generator to Reduce Exhaust Gas Emissions,” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2019. [6] M. Haider, S. Hussain, H. Farid, U. Shahid, A. Ahmed, and N. Abbas, “Experimental Investigations on the Effects of HHO Gas Fuel Additive on Performance of a Gasoline Engine,” 2021. [7] A. T. B et al., “A review on analysis of HHO gas in IC engines,” 2019. [Online]. Available: www.sciencedirect.comwww.materialstoday.com/proceedingsI2CN_2018 [8] A. Sudrajat, I. Nugroho, K. R. Lestari, V. Vekky, and R. Repi, “Pengaruh Penambahan Gas HHO pada Mesin Bensin Terhadap Emisi dan Konsumsi Bahan Bakar,” Jurnal Ilmiah GIGA, vol. 23, no. 1, pp. 2020–2028, 2020. [9] N. D. C. Setiawan, D. H. T. Prasetiyo, and D. Wahyudi, “Pengaruh generator HHO dan etanol terhadap performa dan emisi gas buang mesin bensin,” Dinamika Teknik Mesin, vol. 12, no. 2, p. 144, Oct. 2022, doi: 10.29303/dtm.v12i2.518. [10] A. A. Al-Rousan and S. A. Musmar, “Effect of anodes-cathodes inter-distances of HHO fuel cell on gasoline engine performance operating by a blend of HHO,” Int J Hydrogen Energy, vol. 43, no. 41, pp. 19213–19221, Oct. 2018, doi: 10.1016/j.ijhydene.2018.08.118.




DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v8i2.14481

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Indexed by:

gs      

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: