Analisis Kegagalan pada As Roda Belakang Dump Truck Hino 500 Berbasis Finite Element Analysis
Sari
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk (12%) menggarisbawahi urgensi peningkatan keselamatan kendaraan berat ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya insiden akibat patah as atau poros belakang. Untuk memahami fenomena ini, simulasi Finite Element Analysis (FEA) diterapkan guna memvisualisasikan sebaran tegangan dan deformasi pada poros belakang dump truck HINO 500. Analisis ini dilakukan dengan memvariasikan beban 26-35 ton, mencakup beban standar dan overload) dengan tujuan utama mengidentifikasi area konsentrasi tegangan dan potensi titik kegagalan fatik pada poros roda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tegangan tertinggi terjadi variasi beban 35 Ton dengan nilai tegangan sebesar 1,76 x 10^8 N/m^2 dengan nilai tegangan tertinggi terjadi pada bagian ujung poros roda gigi dan ujung bagian dekat piringan. Nilai masih terbilang aman karena nilai tegangan lebih kecil dari nilai batas tegangan material yaitu 4,6 x 10^8 N/m^2. Sementara hasil simulasi FEA defleksi sebesar 4,026 x 10^-3 m dan hasil simulasi fatigue failure menunjukan pada variasi beban 26 ton memiliki life cycle terbesar 314.886 dan nilai life cycle terkecil terjadi pada variasi beban 35 Ton dengan nilai life cycle sebesar 46.523.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
K. A. Maulidya, “Jurnal Penelitian Transportasi Darat,” Jurnal Penelitian Transportasi Darat, vol. 20, no. 1, pp. 17–32, 2018.
M. Syahrail, “Analisa Kegagalan Poros Roda Belakang Kendaraan,” Majalah Metalurgi, vol. 28, no. 2, pp. 139–148, 2013.
A. K. Samlawi and S. R. Firdaus, “Fracture Analysis of Rear Axle Shaft Vehicles Truck HINO 500,” vol. 17, pp. 6–12, 2018.
F. Wahyu and E. Muthoriq, “Analisis Kekuatan Axle Belakang Kendaraan Truk Berbasis Software Solidwork,” pp. 6–8, 2015.
W. A. Pratama and H. Isworo, “Analisa Kegagalan Poros Roda Belakang (Studi Kasus) Pada Truk X,” Jtam Rotary, vol. 4, no. 2, p. 102, 2022, doi: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6664.
D. W. Karmiadji, “Optimasi Disain: Material, Komponen, Konstruksi. Teori dan Aplikasi.,” in Engineering clinic, 2011.
D. Djumhariyanto, “Analisa Tegangan Poros Roda Mobil Listrik Dengan Metode,” Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2016.
M. Yetmez, “Finite element analysis,” Musculoskeletal Research and Basic Science, pp. 51–59, 2016, doi: 10.1007/978-3-319-20777-3_4.
E. J. Rento Gadayu*, Fuazen, “Kata kunci:,” vol. 19, no. 1, pp. 33–37, 2023.
C. W. dan R. DG., “Materials science and engineering (Vol. 5).,” in Materials science and engineering (Vol. 5)., NY: John wiley & sons, 2011, pp. 72–8w.
M. Fitri, “Pengaruh Beban Lentur Pada Poros Stainless Steel Terhadap Siklus Kegagalan Fatik,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 9, no. 3, p. 149, 2020, doi: 10.22441/jtm.v9i3.9877.
T. C. Wahyudi and E. Nugroho, “Hubungan Siklus Putaran Dan Beban Terhadap Kekuatan Bahan Pada Uji Fatik Bending,” Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, vol. 3, no. 1, 2014, doi: 10.24127/trb.v3i1.23.
R. Gukendran, R. Parameshwaran, and K. Ponappa, “Characterization of case hardened AISI 4130 steel using eddy current testing,” Archives of Metallurgy and Materials, vol. 62, no. 3, 2017, doi: 10.1515/amm-2017-0277.
X. Li et al., “Heterogeneously tempered martensitic high strength steel by selective laser melting and its micro-lattice: Processing, microstructure, superior performance and mechanisms,” Mater Des, vol. 178, 2019, doi: 10.1016/j.matdes.2019.107881.
W. A. Pratama and H. Isworo, “ANALISA KEGAGALAN POROS RODA BELAKANG (STUDI KASUS) PADA TRUK X,” JTAM ROTARY, vol. 4, no. 2, pp. 102–114, 2022.
A. Ranjan, R. R. Mutra, Y. Kirty, J. Srinivas, M. Norhisham, and D. M. Reddy, “Study and failure analysis of non-drive automotive rear axle of heavy commercial vehicle,” Int J Heavy Veh Syst, vol. 30, no. 1, 2023, doi: 10.1504/IJHVS.2023.131981.
J. Lowrie, H. Pang, and G. Ngaile, “Weight reduction of heavy-duty truck components through hollow geometry and intensive quenching,” J Manuf Process, vol. 28, 2017, doi: 10.1016/j.jmapro.2017.04.021.
Fauzan, Husaini, and N. Ali, “The Finite Element Method Simulation of Rear Driveshaft Failure in Trucks,” in Lecture Notes in Mechanical Engineering, 2024. doi: 10.1007/978-981-99-7495-5_21.
DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v8i2.15040
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Indexed by:
Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to: