PERANCANGAN SISTEM POMPA PARALEL DENGAN DAYA BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS AIR

Ifan Febrianto
Masruki Kabib
Bachtiar Satya Nugraha

Abstract


Sistem pompa paralel adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa unit pompa, sistem perpipaan dan panel kontrol yang dihubungkan untuk dapat menghasilkan kapasitas air yang lebih besar selain itu bisa sebagai pompa cadangan ketika pompa yang satu sedang rusak atau pompa dalam proses perbaikan. Tujuan perancangan sistem pompa paralel adalah untuk mendapatkan peningkatan kapasitas air dengan menggunakan  variasi daya pompa. Metode yang digunakan dimulai dengan study literature, analisa kebutuhan alat, pembuatan desain, perancangan dan perhitungan rangka, kapasitas air, tekanan air dan head, kemudian simulasi gambar. Penelitian ini telah dihasilkan perancangan sistem pompa paralel dengan daya bervariasai dengan daya pompa 75 watt, 125 watt, dan 200 watt. Kapasitas pompa parallel 139,88 liter permenit, dan tekanan 3,86 kg/cm², dengan head loss 1,49 m.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Mastur, Warso, Pengaruh Putaran Terhadap Pompa Sentrifugal Pada Rangkaian Seri Dan Paralel, prosiding Senatek fakultas teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 28 November 2015, ISBN 978-602-14355-0-2.

[2] Supardi, Max Millian Renwarin, Pengaruh Variasi Debit Aliran Dan Pipa Isap (Section) Terhadap Karakteristik Pompa Sentrifugal Yang Dioperasikan Secara Paralel, Mekanika Jurnal Teknik Mesin, Volume 1 No. 1. 2015.

[3] Hilda Luthfiyah, Totok Soehartanto, Perancangan Switching Control Pada Paralel Pump Submersiable Di Sumur Intake Instalasi Pengolahan Air (Ipa) PDAM Gresik, 2010.

[4] Puji Saksono, Analisa Efisiensi Pompa Centrifugal Pada Instalasi Pengolahan Air Kampung Damai Balikpapan, 2010.

[5] Sofwan Hariady, Analisa Kerusakan Pompa Sentrifugal 53-101c WTU Sungai Gerong PT. PERTAMINA RU III Plaju, Jurnal Desiminasi Teknologi, Volume 2, No. 1, Januari 2014.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v1i1.2584

Article Metrics

Abstract views : 3793| PDF views : 2927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




View My Stats

Indexed by:

gs      JournalStories Main logo

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: