RANCANG BANGUN ALAT PELEPAS DAN PEMASANGAN GEAR CAM SPROKET PRIMER PADA SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS PADA YAMAHA VEGA –R)

Dwi Purnomo
Sutrisno Sutrisno
Taufiq Hidayat

Abstract


Perkembangan transportasi memudahkan manusia untuk melaksanakan aktifitas kegiatan. Sepeda motor roda 2 merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Mesin 4 langkah dan mesin 2 langkah adalah mesin yang digunakan untuk sepeda motor roda 2. Tetapi memasuki tahuan 2010an mesin 4 langkah mendominasi seluruh sepeda motor roda 2. Gear Cam Sproket merupakan salah satu bagian dari mesin sepeda motor roda 2. Fungsi dari Gear Cam Sproket adalah sebagai penerus tenaga dari mekanisme pergerakan engkol dari mesin. Gear Cam Sproket berpasangan dengan rantai untuk menggerakkan roda belakang dari sepeda motor.

Proses pelepasan dan pemasangan Gear Cam Sproket pada sepeda motor  mengalami berbagai kendala, karena cam sprocket primer dipasang dengan sesuaian sesak atau fit pada poros engkol atau crank shaft. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat pelepas dan pemasangan Gear Cam Sproket pada sepeda motor roda 2 khusunya untuk Yamaha Vega-R. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah: studi kasus, studi literartur, desain dan gambar alat, proses pembutan alat, ujicoba alat, analisa alat dan juga analisa data dari alat.

Hasil dari penelitian adalah adanya alat pelepas dan pemasangan Gear Cam Sproket yang bisa digunakan oleh para mekanik dalam proses perbaikan sepeda motor. Alat ini mudah digunakan, ringan serta bisa dibawa kemana mana. Waktu rata-rata  yang dibutuhkan dalam proses pelepasan Gear Cam Sproket adalah 02,49 detik dan tidak menimbulkan kerusakan pada komponen yang lain, dibanding dengan menggunakan alat yang manual palu. Waktu yang dibutuhkan jika menggunakan  pipa 15,00 detik dan kemungkinan kerusakan bisa terjadi.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v3i2.5104

Article Metrics

Abstract views : 87| PDF views : 70

Refbacks