RANCANG BANGUN ALAT PELEPAS DAN PEMASANGAN GEAR CAM SPROKET PRIMER PADA SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS PADA YAMAHA VEGA –R)
Abstract
Perkembangan transportasi memudahkan manusia untuk melaksanakan aktifitas kegiatan. Sepeda motor roda 2 merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Mesin 4 langkah dan mesin 2 langkah adalah mesin yang digunakan untuk sepeda motor roda 2. Tetapi memasuki tahuan 2010an mesin 4 langkah mendominasi seluruh sepeda motor roda 2. Gear Cam Sproket merupakan salah satu bagian dari mesin sepeda motor roda 2. Fungsi dari Gear Cam Sproket adalah sebagai penerus tenaga dari mekanisme pergerakan engkol dari mesin. Gear Cam Sproket berpasangan dengan rantai untuk menggerakkan roda belakang dari sepeda motor.
Proses pelepasan dan pemasangan Gear Cam Sproket pada sepeda motor mengalami berbagai kendala, karena cam sprocket primer dipasang dengan sesuaian sesak atau fit pada poros engkol atau crank shaft. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat pelepas dan pemasangan Gear Cam Sproket pada sepeda motor roda 2 khusunya untuk Yamaha Vega-R. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah: studi kasus, studi literartur, desain dan gambar alat, proses pembutan alat, ujicoba alat, analisa alat dan juga analisa data dari alat.
Hasil dari penelitian adalah adanya alat pelepas dan pemasangan Gear Cam Sproket yang bisa digunakan oleh para mekanik dalam proses perbaikan sepeda motor. Alat ini mudah digunakan, ringan serta bisa dibawa kemana mana. Waktu rata-rata yang dibutuhkan dalam proses pelepasan Gear Cam Sproket adalah 02,49 detik dan tidak menimbulkan kerusakan pada komponen yang lain, dibanding dengan menggunakan alat yang manual palu. Waktu yang dibutuhkan jika menggunakan pipa 15,00 detik dan kemungkinan kerusakan bisa terjadi.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v3i2.5104
Article Metrics
Refbacks
Indexed by:
Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to: