PENGEMBANGAN PLATFORM E-COMMERCE BERBASIS WEB SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM KOPI LOKAL DI KAWASAN GUNUNG MURIA

Tachiyya Nailal Khusna, Sintha Istikomah, Masruki Kabib

Sari


UMKM kopi di kawasan Gunung Muria memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan ekonomi lokal, namun masih menghadapi kendala dalam hal pemasaran dan distribusi produk secara luas. Sistem penjualan konvensional yang mengandalkan metode offline dinilai kurang efektif di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan aplikasi e-commerce berbasis web sebagai solusi digital dalam meningkatkan penjualan produk kopi bubuk kemasan dari UMKM setempat. Metode pengembangan yang digunakan adalah pendekatan waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi e-commerce ini mampu memfasilitasi transaksi secara daring, memperluas jangkauan pasar, dan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengelola produk serta pesanan pelanggan. Dengan adanya transformasi digital melalui platform e-commerce, pelaku UMKM diharapkan dapat lebih kompetitif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi serta dinamika pasar.


Kata Kunci


E-Commerce; Digitalisasi; Aplikasi Berbasis Web; Web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AGUNG, A. S., EKO YUDIANDRI, T., ERNAWATI, H., & ADIANTO. (2022). Literasi Digital Pelaku Umkm Dalam Upaya Menciptakan Bisnis Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 87–103. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.197

ALAM, S., RAMADHANI, W. P., & PATMANIAR, P. (2023). Transformasi Digital UMKM Di Indonesia Selama Pandemi. Journal Social Society, 3(2), 140–156. https://doi.org/10.54065/jss.3.2.2023.344

HIDAYAH, N., KURNIAWATI, D. A., UMARYANI, D. S. N., & ARIYANI, N. (2023). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu. Sereal Untuk, 8(1), 51.

KILAY, A. L., SIMAMORA, B. H., & PUTRA, D. P. (2022). The Influence of E-Payment and E-Commerce Services on Supply Chain Performance: Implications of Open Innovation and Solutions for the Digitalization of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3). https://doi.org/10.3390/joitmc8030119

KURNIAWATI, E., ABDUL KOHAR, U. H., & PIRZADA, K. (2022). Change or Destroy: The Digital Transformation of Indonesian MSMES towards Achieving a Sustainable Econom. Global Conference on Business and Social Sciences Proceeding, 14, 1. https://doi.org/10.35609/gcbssproceeding.2022.2(9)

MARIA, V., NICODEMUS GUNAWAN, S., FARADIVA, N. I., AGUSTIANI, H., RAMADHAN, D. C., SALAMAH, F., RAYA, J., KM, J., PAKUPATAN, J., & JAYA, K. C. (2024). Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Akses Pasar bagi Produk UMKM Lokal di Kota Serang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), 3(2), 155–164. https://doi.org/10.55606/jimas.v3i2.1206

MEILANI, L., & CUANDRA, F. (2025). Optimizing Digital Marketing Strategies for MSME : A Case Study of Nostalgia Coffee. 14(2), 183–200. https://doi.org/10.32502/jim.v14i2.429

MUHARDONO, A., MAHMUDAH, D. A., TSAMARA, T., & BAQO, M. (2023). Penerapan Digitalisasi UMKM melalui E-Commerce dan Portal Informasi sebagai Strategi Pemasaran Produk ATBM Desa Cepagan. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 192–204. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3645

SARI, F. V., & WIBOWO, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd. Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(2), 681–686.

TJAHJANTO, T., ARISTA, A., & ERMATITA, E. (2022). Information System for State-owned inventories Management at the Faculty of Computer Science. Sinkron, 7(4), 2182–2192.

https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i4.11678

TRAVER, C. G., & LAUDON, K. C. (2021). E - commerce 2020-2021 business.technology.society.

TURBAN, E., LEE, J. K., KING, D., MCKAY, J., & MARSHALL, P. (2008). Electronic Commerce: a managerial perspective 2008. Commerce A Managerial Perspective (5th Ed., July 2015, 1–53. http://wps.prenhall.com/bp_turban_ec_2008/79/20298/5196418.cw/index.html%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Building+e-commerce+applications+and+infrastructure#4%5Cnhttp://www.scientificcommons.org/58999413%5Cnhttp://hdl.handle.net

UMMAH, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v5i2.15342

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.