LITERASI INFORMASI BERBASIS KECERDASAN BUATAN: RELEVANSI PERAN PUSTAKAWAN DALAM ERA DIGITAL

Mohammad Riqza Zulmi, Ahmad Jazuli, Nur Riani

Sari


Transformasi digital yang didorong oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa dampak signifikan terhadap praktik literasi informasi. Literasi informasi kini tidak hanya menuntut kemampuan mencari dan mengevaluasi informasi, tetapi juga pemahaman terhadap sistem algoritmik, literasi data, serta kesadaran akan bias teknologi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji perubahan konsep literasi informasi dalam konteks AI dan memetakan peran strategis pustakawan sebagai fasilitator literasi digital. Penelitian dilakukan melalui studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap publikasi akademik dan dokumen strategis pada rentang 2015–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa pustakawan dituntut menguasai kompetensi baru yang meliputi pemahaman etika data, pengoperasian sistem AI, serta keterampilan pedagogis berbasis teknologi. Namun, implementasi peran ini menghadapi berbagai tantangan seperti kesenjangan digital, keterbatasan pelatihan, serta belum terintegrasinya literasi AI dalam pendidikan pustakawan. Kajian ini merekomendasikan reformasi kurikulum, pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat kapasitas pustakawan sebagai aktor kunci dalam membangun masyarakat informasi yang kritis, etis, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Kata kunci: literasi informasi, kecerdasan buatan, pustakawan, literasi digital, algoritma


Kata Kunci


Literasi informasi;kecerdasan buatan;pustakawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Library Association, 2025. Information Literacy Competency Standards for Higher Education. [online] Available at: .

Andretta, S., 2022. Information Literacy in the Age of Algorithms. London: Facet Publishing.

Belshaw, D., 2025. The Essential Elements of Digital Literacies. [online] Available at: .

Bruce, C., 1997. The Seven Faces of Information Literacy. Adelaide: Auslib Press.

Gwizdka, J., Liu, Y. and Cole, M., 2021. Information interaction in the age of AI: Implications for library and information science. Journal of the Association for Information Science and Technology, 72(8), pp.1003–1015. https://doi.org/10.1002/asi.24456.

Head, A.J., Fister, B. and MacMillan, M., 2025. Information Literacy in the Age of Algorithms: Student Perceptions and Concerns. [online] Project Information Literacy. Available at: .

Hidayah, C.N. and Nasihudin Ali, M., 2024. Peran pustakawan dalam pengenalan literasi digital pada siswa kelas 5 SD Swasta Perkumpulan Amal Bakti 34 Patumbak. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 12(2), pp.239–246. https://doi.org/10.18592/pk.v12i2.14197.

Ifijeh, G. and Yusuf, F., 2020. Artificial Intelligence and the Future of Library Services. Library Hi Tech News, 37(7), pp.1–5. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2020-0040.

IFLA, 2025. Global Vision Ideas Store: Ideas for Equipping Library Professionals. [online] Available at: .

Lloyd, A., 2010. Information Literacy Landscapes: Information Literacy in Education, Workplace and Everyday Contexts. Oxford: Chandos Publishing.

Mackey, T.P. and Jacobson, T.E., 2014. Metaliteracy: Reinventing Information Literacy to Empower Learners. Chicago: ALA Neal-Schuman.

Miller, C. and Bartlett, J., 2019. Understanding Algorithmic Literacy: A Framework for Public Engagement. London: Demos.

Ng, D.T.K., Leung, J.K.L., Chu, S.K.W. and Qiao, M.S., 2021. Conceptualizing AI literacy: An exploratory review. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, p.100041. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100041.

SCONUL, 2025. The Future Skills of Librarians in the Digital Age. [online] Available at: .




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v5i2.15367

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.