PENGUJIAN KINERJA ROBOT KENDALI PEMADAM API BERODA DENGAN PEMANTAUAN BLUETOOTH ANDROID

Muhammad Haidar Ali
Anastasya Latubessy
Rizkysari Mei Maharani

Abstract


Memadamkan api dilakukan secara manual oleh manusia yang mana membutuhkan banyak tenaga dalam memadamkan apinya. Oleh karena itu, dengan seiring berkembangnya kemajuan elektronika dan teknologi informatika, manusia dapat menciptakan robot pemadam api untuk membantu manusia dalam memadamkan api yang dikendalikan melalui smartphone dengan pemantauan bluetooth android. Dengan menggabungkan penggunaan smartphone android dengan arduino uno atmega328 serta bluetooth yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim perintah dalam memadamkan api pada robot pemadam api, sehingga kegiatan memadamkan api menjadi lebih ringan dan efisien. Robot pemadam api ini juga dilengkapi dengan sensor api sebagai pendeteksi api dan arduino fan module berfungsi untuk memadamkan api. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya robot pemadam api beroda dengan pemantauan berbasis bluetooth dapat mendeteksi api (pada sensor api) dan kipas menyala untuk memadamkan api secara otomatis, di mana dalam menggerakkan robotnya masih secara manual sesuai perintah melalui aplikasi yaitu dengan menggunakan bantuan smartphone yang terhubung dengan bluetooth HC-05 yang berada pada robot.


Keywords


robot pemadam api, arduino uno atmega328, smartphone, bluetooth

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Humaira, Annisa & Rahmat Rasyid. 2017. Rancang Bangun Robot Cerdas Pemadam Api Beroda dengan Pemantauan Berbasis Wifi. Jurnal Fisika Unand, 6 (4): 368 – 374. ISSN: 2302 – 8491.

Rumimper, Reynold, Sherwin R.U.A. Sompie, & Dringhuzen J. Mamahit. 2016. Rancang Bangun Alat Pengontrol Lampu dengan Bluetooth Berbasis Android. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 5 (3): 24 – 33. ISSN: 2301 – 8402.

Salahuddin, Widdha Mellyssa, & Azman. 2018. Perancangan Robot Laba-Laba Pendeteksi Api Berbasis Mikrokontroller Atmega32. Journal of Islamic Science and Technology, 4 (1): 79 – 88. Diakses dari www.jurnal.ar-raniry.com/index.php/elkawnie .

Sumiati, Desmira, & Sigit Sasongko. 2017. Prototype Robot Pemadam Api Menggunakan Fuzzy Inference Systems Berbasis Mikrokontroler AVR Atmega328. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5 (2): 186 – 198.

Umam Chairul, Muhammad Kamal, & Aidi Finawan. 2017. Rancang Bangun Robot Pemadam Api Menggunakan Teknik Wall Following. Jurnal Tektro, 1 (1): 29 – 34. ISSN: 2581 – 2890.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5809

Article Metrics

Abstract views : 401| PDF views : 482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.