IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERTAHAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Sirojul Ulum
Endang Supriyati
Tri Listyorini

Abstract


Iklan layanan masyarakat bertahan menghadapi pandemi COVID-19 adalah iklan layanan masyarakat yang dikemas dalam bentuk video animasi 2D dengan menggunakan metode perancangan multimedia development life cycle (MDLC) untuk proses pembuatan video animasi 2D iklan layanan masyarakat bertahan menghadapi pandemi COVID-19 yang di dalamnya terdapat informasi atau pemberitahuan program dan kegiatan dari pemerintah tentang pencegahan dan bertahan menghadapi pandemi COVID-19. Metode pengumpulan data adalah metode yang digunakan peneliti untuk proses penelitian dengan menggunakan angket (kuesioner) untuk mendapatkan data responden. Metode ini menggunakan teknik accidental atau teknik mendapatkan sampel pada semua masyarakat berdasarkan kebetulan sebagai sumber data. Hasil reliabilitas variabel iklan layanan masyarakat mendapat alpha cronbach 0,804 yang dikatakan reliabel dan variabel sikap khalayak alpha cronbach 0,931 yang dapat dikatakan reliabel. Hari hasil validitas variabel iklan layanan masyarakat dan sikap khalayak mendapat corrected item-total correlation mendapat hasil di atas 0,244 yang dapat dikatakan valid. Analisis ini juga untuk menentukan nilai tiap karakteristik responden atau bisa disebut analisis univariat.


Keywords


iklan layanan masyarakat, COVID-19, MDLC, univariat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ilpaj, S. M., & Nurwati, N. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16–28.

Listyorini, T., & Meimaharani, R. (2013). Pengukuran Peningkatan Proses Belajar Berdasarkan Kuesioner dengan Metode Decision Tree (Studi Kasus Teknik Informatika). Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya SNIA, 267–271.

Mustika. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Jurnal Mikrotik, 8(1), 1–14.

Pitoyo, A. J., Aditya, B., & Amri, I. (2020). The impacts of COVID-19 pandemic to informal economic sector in Indonesia : Theoretical and empirical comparison. E3S Web of Conferences, 03014, 1–8.

Pratiwi, S. A., & Hidayat, D. (2020). Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 Di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1–7.

Sari, M. P. (2012). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia Depok Terhadap Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi “Jangan Buru-buru”). Universitas Indonesia Depok.

Sulatra, I. K., Putu, D., & Pratiwi, E. (2020). The Ideology within Covid-19 Public Service Advertisements: A Semiotic Approach. 24(October), 350–363.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5845

Article Metrics

Abstract views : 1970| PDF views : 964

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.