Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Calon Sekretaris Terbaik Desa Sekarjalak Menggunakan Simple Additive Weighting

Faiza Rizqi Irawan
Mukhamad Nurkamid

Abstract


Dalam memilih sekretaris desa di Desa Sekarjalak dilakukan oleh kepala desa langsung. Menentukan sekretaris di Desa Sekarjalak dinilai tidak efektif, karena dalam menentukan mana yang pantas dan tidaknya menjadi sekretaris di Desa Sekarjalak. Aplikasi sistem pendukung keputusan menentukan calon sekretaris terbaik di Desa Sekarjalak menggunakan Simple Additive Weighting. Langkah pertama yaitu memberikan bobot untuk setiap kriteria, langkah selanjutnya yaitu perangkingan untuk menentukan alternatif tertinggi dari seluruh alternatif yang tersedia. Alternatif tertinggi ini merupakan hasil yang pantas diterima sebagai sekretaris baru yang sudah teruji yang didasarkan pada kriteria-kriteria telah ditentukan. Penelitian ini menghasilkan, sistem yang dibangun dapat memudahkan Kepala Desa dalam menentukan sekretaris desa yang memenuhi standrart, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan ke sekretaris desa.


Keywords


sistem pendukung keputusan, SAW, Web.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adianto, T. A. (2017). Sistem pendukung keputusan pemilihan rumah tinggal di perumahan menggunakan metode simple additive weighting (saw)(studi kasus: Kota samarinda). Samarinda: Prosding 2nd SAKTI.

Haryanto. (2018). Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 11 Tentang Perangkat Desa. Pati: Bupati Pati.

Jogiyanto Hartono, M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Munthe, H. G. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. Medan: ISSN: 2301-9425. Pelita Informatika Budi Darma Vol IV, No. 2 Agustus 2013: 52-58.

Parabang Daud, a. A. (2019). Pemodelan Saw Dalam Penentuan Penerimaan Karyawan Di Gbi Kudus. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) 1.1 : 1-4.

Penta, M. F. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics) 2:3.

Rahagukguk, D. M. (2017). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem) 2, no. 2 : 124-133.

Sri, E. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi In Halamanasi DINAMIK. No.2, Volume 16 171-176.

Wanto, A. D. (2015). Analisis Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Seleksi Penerima Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) Pada Perguaruan Tinggi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). In Prosding Seminar Nasional Rekayasa (SNTR) II (Vol. 2, No.25, pp 323-333).




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.6126

Article Metrics

Abstract views : 126| PDF views : 82

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Dialektika Informatika (Detika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

                



Dedicated to :