Pemeliharaan Pemisah (PMS) 150 KV di Gardu Induk 150 KV Wonogiri

Saverovito Jethro Varian
Lilik Sulistyo

Abstract


Kebutuhan listrik semakin meningkat dengan datangnya alat-alat baru dan penemuan-penemuan terbaru tentang alat yang seluruhnya membutuhkan energi listrik sebagai sumbernya. Masyarakat yang menjadi konsumen listrik terus meningkat dan menuntut mutu serta kualitas pelayanan listrik yang lebih baik.
PLN sebagai Perusahaan Listrik Negara berusaha untuk menyediakan energi listrik yang ada dengan seoptimal mungkin seiring dengan meningkatnya konsumen energi listrik. Diperlukan suatu sistem pengamanan dan sistem pemeliharaan instalasi Gardu Induk listrik untuk memanfaatkan energi listrik yang ada serta menjaga kualitas sistem penyaluran dan kerusakan peralatan. Di dalam suatu Gardu Induk terdapat peralatan yang disebut pemisah atau DS (Disconnecting Switch) yang berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menyatakan visual bahwa suatu peralatan listrik sudah bebas dari tegangan tinggi.
Pemisah merupakan suatu peralatan sistem tenaga listrik yang berfungsi sebagai saklar pemisah rangkaian listrik dalam kondisi bertegangan atau tidak bertegangan tanpa arus beban, oleh karena itu pemisah memerlukan perawatan secara rutin dan terjadwal agar dapat bekerja secara baik sesuai dengan fungsinya pada saat beroperasi. Pemeliharaan dan perawatan yang baik dapat meminimalisasi gangguan atau kerusakan peralatan serta untuk memperpanjang pemakaian atau umur pemisah.
  

Keywords


Pemeliharaan; Pengujian; Pemisah (PMS)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Baskara, R. D & DEA, Hermawan. 2010. Pemakaian Dan Pemeliharaan Pemisah (PMS) Pada Gardu Induk 150kV Srondol PT. PLN (Persero) P3B JB Region Jawa Tengah Dan DIY UPT Semarang. Universitas Diponegoro.

[2] Tim Review Kepdir 113 & 114. 2014. Buku Pedoman Pemeliharaan Pemisah. Jakarta: PT. PLN (Persero).

[3] Tim Pelatihan Operator Gardu Induk. (2002). Pengantar Teknik Tenaga Listrik. PT PLN (Persero) UBS P3B.

[4] Dikio C. Idoniboyeobu, et all. (2018). Preventive Maintenance For Substation With Aging Equipment Using Weibull Distribution. American Journal of Engineering Research (AJER), 106-112.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v4i1.11905

Article Metrics

Abstract views : 85| PDF views : 46

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: