HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN SELF - EFFICACY DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Erni Hestiningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat Konsep Diri Akademik mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi; (2) tingkat self-efficacy mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi; (3) mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan self-efficacy dalam menyelesaikan skripsi .Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Tekhnik pengambilan sampel dengan tekhnik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini 50 persen dari populasi, sebanyak 46 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri akademik sebanyak 38 item  dan skala self efficacy 36 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  mahasiswa memiliki konsep diri akademik dan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi yang tergolong tinggi yaitu 95,5 %. Artinya, semakin tinggi konsep diri akademik  yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin tinggi juga self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa.



DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i2.2969

Article Metrics

Abstract views : 112|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.