perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi sosial melalui higher order thinking skills pada siswa kelas vii

budi purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keefektifan produk. Produk yang dikembangkan berupa perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi sosial melalui Higher Order Thinking Skills untuk siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan langkah sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) validasi ahli, (4) uji coba pengguna dan, (5) revisi. Penelitian pengembangan ini hanya terbatas sampai uji pengguna.

Hasil validasi ahli materi, produk dinilai sangat baik dengan skor 83%, sehingga tidak perlu direvisi. Hasil validasi ahli media, produk dinilai sangat sesuai dengan skor CVI 0.71, sehingga dapat digunaakan lebih lanjut. Hasil validasi Guru BK sebagai calon pengguna, produk dinilai sangat sesuai, dengan skor CVI 0.86, sehingga produk dapat digunakan lebih lanjut. Perbaikan produk dilakukan berdasarkan saran, kritik dan masukan dari ahli dan pengguna. Hasil validasi ahli dan pengguna dapat disimpulkan produk memenuhi kriteria akseptabilitas dengan indikator sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan sangat patut



DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.3421

Article Metrics

Abstract views : 105|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.