Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Pada Siswa Kelas IX SMP

Ni Putu Artini

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri Satap 4 Kayangan bahwa terdapat siswa yang memiliki kemampuan mengendalikan diri (self control) cenderung rendah. Melalui  teknik sosiodrama diharapkan kemampuan pengendalian diri yang dimiliki oleh siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengendalian diri dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu  (quasi experimental research ). Dalam penelitian ini digunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan 8 subjek penelitian yang memiliki tingkat pengendalian diri rendah . Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil perhitungan pre-test. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengendalian diri yang diberikan sebelum dan setelah pemberian treatment berupa layanan dengan teknik sosiodrama. Analisis data yang digunakan untuk melihat perbandingan data adalah dengan two independent sample(Mann-Whitney) melalui program SPSS 20.0 Windows Release. Hasil dari pengolahan data yaitu, p = Asymp. Sig. 2tailed 0,021 kurang dari 0,050, peningkatan pengendalian diri dapat dilihat dari mean rank pre test dan mean rank post test yang terbukti bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan treatmen yaitu 4,25 hasil pre test dan 6,50 hasil post test kelompok eksperimen.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i2.6360

Article Metrics

Abstract views : 118| PDF views : 213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.