MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015

Emi Indriasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan guru (peneliti) untuk megatasi permasalahan yang ada di sekolah, antara lain: masih ada siswa yang memiliki rasa empati yang rendah, kurangnya rasa perduli terhadap teman, bergaul sering memilih milih teman, dan saling mengejek kekurangan temannya. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: (1) mencapai keberhasilan kerena antusiasme siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini ditandai dengan keaktifan siswa, perhatian, konsentrasi yang mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus diketahui bahwa rasa empati siswa sangat kurang dengan rata-rata 25,4% maka, peneliti berupaya meningkatkan rasa empati melalui siklus I pertemuan pertama dengan hasil 49%, pertemuan kedua 48% ada peningkatan 15% dari pertemuan sebelumnya, pertemuan ketiga mendapat hasil 66% terjadi peningkatan 18%. Pada siklus II mendapatkan hasil 69%, pertemuan kedua 77% dan pertemuan ketiga mendapat hasil 80% terjadi peningkatan 3% termasuk kategori baik hal ini dikarenakan peneliti dan siswa dapat menghidupkan dinamika kelompok dengan baik.

Teks Lengkap:

Unduh


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.718

Article Metrics

Abstract views : 4578| Unduh views : 4512

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.