Implementasi Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SDIT

Choli Astutik
Yeni Puji Astuti
Zainuddin Zainuddin

Abstract


Pelayanan bimbingan dan konseling perlu disesuaikan dengan karakteristik siswa Sekola Dasar (SD) yaitu disesuaikan dengan tugas-tugas perkembangannya. Dalam menjalankan tugas-tugas perkembangannya, anak sering menemui hambatan dan permasalahan sehingga mereka banyak tergantung dengan orang-orang yang disekitarnya seperti orang tua dan guru, karena itu anak usia SD saat memerlukan perhatian khusus dari para guru di sekolah untuk menjalankan tugas perkembangannya secara optimal. layanan bimbingan dan konseling di SDIT Al- Hidayah Sumenep yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan Bimbingan Knseling di SDIT Al- Hdayah terdiri dari prgram tahunan, program bulanan, program mingguan dan program harian. Layanan yang diberikan meliputi yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan konsultasi dan layanan konseling kelompok. Upaya yang dilakukan yaitu untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu konselor bekerja sama dengan wali kelas untuk memberikan penjelasan di saat ada paguyuban kelas.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v7i2.7451

Article Metrics

Abstract views : 793| PDF views : 1573

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.