Efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dilapangan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 7 orang peserta didik yang diseleksi melalui teknik purposive sampling, yakni melihat subjek dengan tingkat motivasi belajar rendah. Sedangkan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang dikembangkan sendiri berdasarkan teori Schunk, Meece, and Pintrich (2014) yang terdiri dari 4 indikator. Kemudian hasil validitas yakni 0,566 dan reliabilitas yakni 0,814. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon, serta dibantu oleh SPSS versi 25. Kemudian dilakukan uji test statistic dengan nilai 0,018 kurang dari 0,050 menunjukkan hasil bahwa Ha diterima yang artinya teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.8020
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic
Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.