Efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Wulan Fitriyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dilapangan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 7 orang peserta didik yang diseleksi melalui teknik purposive sampling, yakni melihat subjek dengan tingkat motivasi belajar rendah. Sedangkan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang dikembangkan sendiri berdasarkan teori Schunk, Meece, and Pintrich (2014) yang terdiri dari 4 indikator. Kemudian hasil validitas yakni 0,566 dan reliabilitas yakni 0,814. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon, serta dibantu oleh SPSS versi 25. Kemudian dilakukan uji test statistic dengan nilai 0,018 kurang dari 0,050 menunjukkan hasil bahwa Ha diterima yang artinya teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.8020

Article Metrics

Abstract views : 319| PDF views : 301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.