Pengaruh Bimbingan Orang Tua Meningkatkan Konsep Diri Remaja di Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara

Saliyo Saliyo Saliyo

Abstract


Penelelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan orang tua terhadap konsep diri remaja. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas (independen) yaitu bimbingan orangtua (X) dan satu variabel terikat (dependen) yaitu, konsep diri (Y). Pendekatan yang digunakan dalam  penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan skala, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 remaja.

Hasil penelitian  menunujukkan: Pertama, terdapat pengaruh bimbingan orang tua terhadap konsep diri remaja di Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa (sig. 0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (bimbingan orang tua) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (konsep diri remaja). Kedua, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) ditentukan dengan nilai R square sebesar 0,248 atau 24,8%. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh bimbingan orang tua terhadap konsep diri remaja sebanyak 24,8% dan 75,2% selebihnya diperngaruhi oleh variabel  lain. Adapun nilai R sebesar 0,498 dan berarti bahwa bimbingan orang tua memiliki tingkat korelasi terhadap konsep diri sedang (interval 0,40–0,599).


Keywords


Bimbingan Orang Tua, Konsep Diri

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.8657

Article Metrics

Abstract views : 238| PDF views : 142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.