PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIORAL DALAM MENGATASI MASALAH BULLYING PADA REMAJA

Setyorini Setyorini

Abstract


Perundungan atau bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan seseorang atau kelompok ke orang atau kelompok lain. Tindakan perundungan mencakup tiga elemen utama yaitu perbuatan menyakiti korban, tindakan yang dilakukan berulang-ulang, serta adanya ketidakseimbangan dalam kekuatan antara korban dan pelaku. Kasus bullying sebagian besar terjadi  pada remaja  di seting pendidkan atau sekolah. Guru BK /Konselor sebagai salah satu helping profesion perlu merespon kondisi ini dengan baik. Gambaran permasalahan tersebut memberikan peluang sekaligus tantangan bagi konselor untuk bisa membantu peserta didik terkait dengan masalah bullying baik  sebagai korban, pelaku atau penonton (bystander).Salah satu alternative layanan yang dapat digunakan konselor untuk membantu peserta didik adalah dengan menggunakan konseling pendekatan  Cognitif Behavioral Therapy (CBT). Kognitif Perilaku CBT adalah pendekatan psikoterapeutik yang digunakan oleh konselor untuk membantu individu ke arah yang positif . Kognisi, emosi dan tingkah laku menjadi bagian yang terpenting dalam Cognitive-Behavior Therapy.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v9i1.8890

Article Metrics

Abstract views : 83| PDF views : 131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.