PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIORAL DALAM MENGATASI MASALAH BULLYING PADA REMAJA
Abstract
Perundungan atau bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan seseorang atau kelompok ke orang atau kelompok lain. Tindakan perundungan mencakup tiga elemen utama yaitu perbuatan menyakiti korban, tindakan yang dilakukan berulang-ulang, serta adanya ketidakseimbangan dalam kekuatan antara korban dan pelaku. Kasus bullying sebagian besar terjadi pada remaja di seting pendidkan atau sekolah. Guru BK /Konselor sebagai salah satu helping profesion perlu merespon kondisi ini dengan baik. Gambaran permasalahan tersebut memberikan peluang sekaligus tantangan bagi konselor untuk bisa membantu peserta didik terkait dengan masalah bullying baik sebagai korban, pelaku atau penonton (bystander).Salah satu alternative layanan yang dapat digunakan konselor untuk membantu peserta didik adalah dengan menggunakan konseling pendekatan Cognitif Behavioral Therapy (CBT). Kognitif Perilaku CBT adalah pendekatan psikoterapeutik yang digunakan oleh konselor untuk membantu individu ke arah yang positif . Kognisi, emosi dan tingkah laku menjadi bagian yang terpenting dalam Cognitive-Behavior Therapy.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v9i1.8890
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic
Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.