PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG LABORATORIUM DI SMK BERBASIS MOBILE

Wiwit Agus Triyanto

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi (IT) sudah semakin maju dan sangat dibutuhkan dalam semua bidang. Sistem Informasi merupakan suatu wadah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang mempermudah dalam pengelolaan dan penyimpanan data dengan kapasitas cukup besar. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki sarana dan prasarana yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran berlangsung yang ada di Laboratorium. Namun pada pengelolaan inventaris di Laboratorium SMK masih bersifat manual dimana pendataannya masih menggunakan buku dan belum tersistem, sehingga proses pengelolaan data inventaris barang kurang maksimal karena barang yang cukup banyak menjadikan tingkat kecepatan akses pencarian data barang sangat lambat karena harus mencari data satu persatu serta membutuhkan waktu lama untuk membuat hasil pelaporan data inventaris. Berdasarkan uraian diatas, karena sistem kerja yang masih manual pada SMK maka perlu dirancang suatu sistem informasi inventaris berbasis mobile yang diharapkan dapat membantu petugas bagian sarana dan prasarana dalam mengelola data inventaris barang labratorium secara efektif dan efisien.


Keywords


Teknologi Informasi SMK, Laboratrium, Inventaris

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bin Ladjamudin, A.-B. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dephut. (2009). Pengertian Inventaris Barang. Diambil kembali dari bab ii landasan teori - Repository BSI: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/107357/File_10-BAB-IILandasan-Teori.pdf

Decaprio. (2013). Pengertian Laboratorium menurut para ahli. http://repository.fkip.unja.ac.id/file?i=59q2m4luacghzTkmCLa0hWFrtetqtl6aXkEttcfkLGk

Luthfi, H. W., & Riasti, B. K. (2011). Sistem Informasi Perawatan Dan Inventaris Laboratorium Pada SMK Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Volume 3 No 3.

Maharani, A. D., Sasmito, G. W., & Somantri, O. (2014). SISTEM INFORMASI INVENTARIS LABORATORIUM BERBASIS WEB PADA STIKES BHAKTI MANDALA HUSADA SLAWI.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i1.4598

Article Metrics

Abstract views : 765| PDF views : 485

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: