SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN REKENING AIR BERBASIS WEB PADA PAMSIMAS JORONG PANYALAI

Irma Suriyani

Abstract


Air minum dan sanitasi merupakan sebuah bagian terpenting dalam siklus kehidupan setiap makhluk hidup dimana tanpa adanya air dan pengolahan sanitasi yang baik akan berdampak buruk pada kehidupan makhluk terutama manusia. Salah satu program pemerintah dalam menfasilitasi masyarakat dalam penyedian air bersih dan sanitasi adalah Program  Penyediaan  Air  Minum  dan  Sanitasi  Berbasis  Masyarakat  (PAMSIMAS). Salah satu desa yang mendapatkan program pemerintah ini adalah desa panyalai nagari cupak kabupaten solok kecamatan gunung talang propinsi sumatera barat, Program PAMSIMAS di Jorong Panyalai Nagari Cupak ini sudah dijalankan selama 2 tahun namun pelaksanaan program PAMSIMAS ini belum optimal terutama dibidang administrasi pembayaran rekening air perbulannya banyak pelanggan PAMSIMAS di Jorong Panyalai mengeluhkan dengan sistem pembayaran yang sedang berjalan, dikarenakan proses pembayaran rekening air pada PAMSIMAS Jorong Panyalai ini masih dengan cara manual. Untuk itu penulis menyarankan untuk dibagunnya sebuah sistem informasi pembayaran rekening air pada pamsimas jorong panyalai berbasis web. dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat memudahkan petugas dalam melayani pelanggan dalam pembayaran rekening air dengan hasil lebih efektif dan lebih akurat, selain itu dengan adanya sistem informasi dapat memudahkan dalam pengolahan data pelangan dan penyajian laporan seperti laporan data pelangan dan laporan pembayaran rekening air secara terkomputerisasi.


Keywords


sistem informasi pembayaran rekening air , Program PAMSIMAS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elisa Usada.(2012). Rancang bangun sistem informasi jadwal perkuliahan berbasis jquery mobile dengan menggunakan php dan mysql. Jurnal Infotel Volume 4 Nomor 2 November 2012.

Novia Lestari. (2019). Perancangan Sistem Informasi Untuk Pengendalian Distribusi Pangan pada LDPM Batutaba Sepakat Journal of Information Systems and Informatics Vol. 1, No. 2, September 2019.

Nurhidayati Amelia.(2016). Pelaksanaan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di desa lubuk mayan kecamatan rantau pandan kabupaten bungo provinsi jambi. JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016.

Yunita Trimarsiah (2017). Analisis dan perancangan website sebagai sarana informasi pada lembaga bahasa kewirausahaan dan komputer akmi baturaja Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.19 No.1, April 2017: 1-10.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4833

Article Metrics

Abstract views : 1290| PDF views : 989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: