APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK MENGETAHUI BENCANA DI KUDUS PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KUDUS

Esti Wijayanti

Abstract


Bencana yang selama ini tidak dapat kita ketahui kapan bencana tersebut terjadi pada perancangan sistem ini bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengetahui informasi terkait kebencanaan, informasi geografis tentang bencana, dan nomor penting apabila dalam keadaan darurat, selain melalui media social yang ada, juga bisa melalui sistem informasi tersebut.

pada pengembangan perangkat lunak yang akan dibangunadalah bebasis website berbasis php dan mysql, dengan menggunakan metode waterfall pada tahapan analisis, merancang, implementasi, pengujian, dan perawatan. Aplikasi telah berhasil dikembangkan perangkat lunak aplikasi berbasis web untuk mengetahui bencana di kudus pada  badan penanggulangan bencana daerah kabupaten kudus. Kesimpulan dari keseluruhan proses adalah membantu dan mempermudah warga untuk mengetahui bencana yang ada di kudus.

 


Keywords


sistem, mitigasi, kebencanaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2005. “AnalisisdanDesain Sistem Informasi”. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Pressman, RogerS. 2001.“Software Engineering: A Practioner’s Approach”, Fifth Edition, MacGraw-Hill International Editions.

Darvis, G. dkk. 1999. "Analisa dan Perancangan Manajemen Sistem "JAKARTA PT. GRAMEDIA.

Herliana, Astri, dkk. 2016. ” Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web”. Bina Sarana Informatika. Bandung.

Fiati.,R., Wijayanti.,E.,2017. Ipteks bagi Masyarakat Kerajinan Miniatur di Desa Bacin Kab.Kudus, Laporan pengabdian Masyarakat , Universitas Muria Kudus

Mudjahidin, & Putra, N. P. 2010. “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus Di Dinas Bina Marga dan Pemantusan. Jurnal Teknik Industri” Vol.11 No.1, 75-83.

Jogiyanto, H. M. 2005. “Analisis dan Desain Sistem Informasi Edisi Ketiga”. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sanjani, L. A., Hartati, S. J., & Sudarmaningtya, P. 2014. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pegawai dan Remunerasi Jasa Medis Pada Rumah Sakit Bedah Surabaya”. Jurnal Sistem Informasi Vol.3 No.1, 87-93.

Saputro H., Wijayanti, E., 2020. Rekayasa Perangkat Lunak Sebagai Syarat-Syarat Izin Mendirikan Bangunan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Kudus Dengan Metode V, Vol 1, No 2.

Sutabri, T. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta : C.V. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.5522

Article Metrics

Abstract views : 334| PDF views : 213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: