SISTEM PENGELOLAAN MASJID JAMI’ DARUSSALAM BERBASIS WEB

Hendri Arianto
Tutik Khotimah - [ https://orcid.org/0000-0003-2516-3431 ]
Endang Supriyati

Abstract


Bagi umat Islam, masjid merupakan pusat segala kegiatan ibadah. Kegiatan ibadah disini mempunyai arti luas, tidak semata-mata tempat sholat dan mengaji, tapi untuk segala kegiatan yang bisa membawa kemaslahatan dunia dan akhirat. Sedemikian pentingnya arti dan peranan masjid bagi umat Islam, maka sudah sewajarnya pengelolaan masjid harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem pengelolaan masjid jami’ darussalam yang nantinya akan dikelola oleh pengurus masjid. Sistem ini dirancang menggunakan Pemodelan UML. Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySql. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi ini dapat mempermudahpengurusdalam pengelolaan masjid.


Keywords


Sistem informasi, masjid, waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AL-QARDHAWI, Y. 1999. Hukum Zakat. Bogor: Litera Antar Nusa.

NOVIANDI, B. M., Destiani, D., & Partono. 2012. Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang di Bank Sampah Garut. Jurnal Algortima Sekolah TinggiTeknologi Garut. 9(32):1-13.

PRESSMAN, R. S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: PendekatanPraktisi. Yogyakarta: Andi.

ROSA. A.S., dan Shalahuddin, 2016, Rekayasa Perangkat Lunak, 4 ed, Bandung: Informatika.

RUDIANTO, A. M. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP danMySQL. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

TUMON, M. N. 2012. Sistem Informasi E-Goverment PM2L di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Skripsi. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

WARDANA, T. I., & Aribowo, E. 2013. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Studi Kasus: Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Sarjana TeknikInformatika, 1(1), 119-128.

WELIM, Y. Y., & Sakti, A. R. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Pada Yayasan Al-Mujahirin, Tangerang. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektrodan Ilmu Komputer, 7(1), 29-38.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i1.5616

Article Metrics

Abstract views : 696| PDF views : 335

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: