Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan pada Kantor Desa (SI SUKET)

Muhammad Sholikhul Huda
Nanik Susanti

Abstract


Surat menyurat merupakan salah satu jenis pelayanan yang terpenting yang ada di setiap kantor desa. Terdapat sejumlah jenis surat yang biasanya dilayani oleh desa seperti surat pernyataan, surat keterangan kelahiran, surat keterangan kematian, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan serbaguna, surat keterangan domisili , surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan usaha dan beberapa surat-surat lainnya. dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu para Kaur Umum harus mengetik isi surat secara manual. Hal ini bisa menghambat kinerja pelayanan surat keterangan di balai Desa dan menyebabkan penumpukan antrian warga yang akan membuat surat keterangan. Selain itu, pengarsipan yang masih manual menggunakan buku menjadi masalah tersendiri. Pengarsipan secara manual dengan buku beresiko terjadi kehilangan data, misalnya apabila terjadi kebakaran, buku terselip, hilang dan sebagainya. Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan sistem informasi berbasis web yang dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, utamanya pada kegiatan pelayanan surat menyurat pada kantor desa. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan pengembangan metode SDLC (System Development Life Cycle). Dengan tahapan investigate, analyze, desain, implementasi dan perawatan. Dengan adanya aplikasi SI SUKET ini diharapkan bisa membantu pihak kantor desa dalam  menyediakan pelayanan pembuatan surat keterangan secara mandiri dan berbasis web (online).

Keywords


SI SUKET, Surat Keterangan, Desa, Online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Dahlan. 2017. Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC. Lhokseumawe : Sefa Bumi Persada.

Alfianti, Henny dan Aris Haris Rismayana. 2020. Sistem Administrasi Pelayanan Surat Mahasiswa Berbasis Web Dan Mobile Android. Jurnal Infotekmesin, Vol.11 , No.02 : 94-101.

Faqih, Misbahun. 2018 Sistem Informasi Pelayanan Surat-Menyurat Berbasis Web Di Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Priyadi, Didin Agus dan Lestari Endah Wiji, 2018 Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI Vol IV No.2 Bulan Agustus

Sukrianto, Darmanta. 2017. Penerapan Teknologi Barde Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Jurnal Intra-Tech, Vol. 1, No.2 : 18-27.

Unhelkar, Bhuvan. 2018. Software Engineering with UML. Boca Raton : CRC Press.

Winarna, Tio Renndy, Ismiarta Aknuranda dan Mochamad Chandra Saputra. 2018. Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Studi Kasus: Pemerintah Desa Legundi Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 12 : 6235-6243.

Zainudin, Arif. 2016. Model Kelembagaan Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, Vol.1 , No.2 : 338-351




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.6275

Article Metrics

Abstract views : 90| PDF views : 40

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: