SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KANTOR BALAI DESA KARANGROWO)

Della Kistyawati
Esti Wijayanti

Abstract


Perangkat lunak merupakan sebuah Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web, hal ini dibutuhkan untuk mempermudah pihak instansi dalam mengelola data dan mampu menampung serta menyalurkan aspirasi maupun pengaduan masyarakat dengan media yang tepat. Sistem ini menggunakan metode waterfall. Pada metode waterfall, harus melalui berbagai tahapan. Yang pertama tahap requirement atau spesifikasi kebutuhan sistem, kedua adalah desain, tahap ketiga Implementasi, tahap keempat Verifikasi, tahap kelima Pemeliharaan yang termasuk diantaranya instalasi dan proses perbaikan sistem sesuai dengan kontrak. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini yaitu Visual Studio Code dengan Bahasa Pemrograman PHP. Dan menggunakan MySQL sebagai penyimpanan Database. Hasil akhir berupa sistem yang dibuat untuk pihak instansi. Pembangunan sistem mempermudah perangkat Kantor Balai Desa untuk mengelola data pengaduan masyarakat di Kantor Balai Desa Karangrowo.

 

Kata Kunci: Balai Desa, Pengaduan Masyarakat, Metode Waterfall, Visual Studio Code, PHP, MySql


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anofrizen. 2017. Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Program Kaluarga Harapan Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 2460-8181. Bassil, Y. 2012. A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. Hanif, A. 2007. Pengertian Analisis Sistem. Diambil dari: https://docplayer.info/60702951-Analisis-sistem-hanif-al-fatta-m-kom.html (28 Maret 2021). Nugroho, Adi. (2002). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. Suhendro, D. (2017). Perancangan dan Implementasi Realisasi Anggaran Pendapatan ( Studi Kasus : Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar). Seminar Nasional Teknologi Informatika. 30-36.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.7678

Article Metrics

Abstract views : 3724| PDF views : 1570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: