PERANCANGAN SISTEM KLASIFIKASI JENIS BUNGA MAWAR MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

Sandi Prayogo
Ahmad Abdul Chamid
Alif Catur Murti

Abstract


Abstrak

 

Bunga mawar adalah bunga yang sangatlah indah dan memiliki bau yang harum dan juga terkenal di seluruh penjuru dunia. Meskipun bunga mawar menjadi primadona di setiap acara penting, tetapi masih banyak orang yang belum memahami tentang bunga berduri satu ini. Ada banyak varietas mawar, dan setiap varietas memiliki kesamaan sehingga mempersulit dalam membedakan untuk menentukan jenis bunga mawar, diperlukan waktu yang cukup lama dan ketelitian jika membedakan dengan hanya melihat dengan panca indera untuk dapat mengetahui jenis bunga mawar tersebut. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, penulis dalam penelitian ini membuat sistem yang bisa mengklasifikasi dan pengelompokan terhadap klasifikasi jenis bunga mawar. Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) digunakan saat merancang program aplikasi berbasis pengolahan citra digital. Sehingga memudahkan seseorang untuk mengenali bunga mawar berdasarkan citra pelatihan dengan jarak yang lebih dekat. Dalam penelitian ini menggunakan metode uji confusion matrix, lalu diperoleh hasil yaitu akurasi sebesar 92%, presisi sebesar 93% dan recall sebesar 92%.

 

Kata kunci: Bunga Mawar, Pengolahan Citra Digital, K-Nearest Neighbor (KNN)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdulbar, H., Adikara, P. P., and Adinugroho, S. (2019). Klasifikasi Genre Lagu dengan Fitur Akustik Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 8259–8268.

Hozairi, H., Anwari, A., and Alim, S. (2021). Implementasi Orange Data Mining Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Dengan Model K-Nearest Neighbor, Decision Tree Serta Naive Bayes. Network Engineering Research Operation, 6(2), 133.

Munantri, N. Z., Sofyan, H., & Florestiyanto, M. Y. (2020). Aplikasi Pengolahan Citra Digital Untuk Identifikasi Umur Pohon. Telematika, 16(2), 97.

Muzaki, A., Wahyuni, S., and Hanik, N. R. (2021). Identifikasi Jenis Hama Dan Penyakit Yang Sering Menyerang Tumbuhan Bunga Mawar (Rosa hybrida L.) DI DAERAH MANYARAN. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 8(1), 52.

Rohma, S. I., and Jazilah, S. (2020). Pengaruh Konsentrasi dan Lama Perendaman Rootone F terhadap Pertumbuhan Stek Mawar (Rosa sp.). Biofarm : Jurnal Ilmiah Pertanian, 15(1).

Sianturi, M. C., Telaumbanua, F., and ... (2020). Pengamanan Citra Digital Dengan Algoritma Paillier Criptosystem. … Teknologi Komputer & …, 405–408.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.7881

Article Metrics

Abstract views : 2400| PDF views : 897

Refbacks





Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: