ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA DAN KAIZEN UNTUK MENGURANGI JUMLAH REJECT PRODUK GERABAH

Syahfrilla Agfar Mahfudz, Yaning Tri Hapsari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab reject hasil produksi gerabah bentuk guci dan menganalisis upaya perbaikan kualitas yang bisa dilakukan untuk meminimalisir jumlah reject produk gerabah bentuk guci pada Home Industri Ryo Keramik dengan metode Six Sigma dan Kaizen. Penelitian ini dilakukan pada Home Industri Ryo Keramik yang bergerak dibidang pembuatan produk gerabah seperti bentuk guci, vas, pot, dan lain-lain. Adapun yang akan menjadi objek pada penelitian ini adalah produk gerabah bentuk guci, dengan permasalahan yang akan diteliti adalah jumlah produksi, jumlah reject, dan jenis reject perhari. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah dengan langkah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil penelitian diperoleh dengan total jumlah produksi sebanyak 525, total jumlah reject sebanyak 100, dan jenis reject yaitu patah dan retak. Jenis reject yang paling dominan adalah retak sebesar 56% dan patah sebesar 46%. Hasil perbaikan kualitas diperoleh dengan menggunakan diagram fishbone dan dianalisis menggunakan metode Kaizen langkah 5W + 1H (What, Why, Where, When, Who, dan How) dengan faktor paling dominan yang mempengaruhi usulan perbaikan yaitu faktor manusia dan lingkungan.

Kata Kunci


Kualitas; DMAIC; Six Sigma; Kaizen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Faritsy, A. Z., & Aprilian, C. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Produk Tas Dengan Metode Six Sigma Dan Kaizen. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 2733–2744.

Basith, A., Indrayana, M., & Jono, J. (2020). Analisis Kualitas Produk Velg Rubber Roll Dengan Metode Six Sigma Dan Kaizen. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 2(1), 23–33. https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.128

Laurentine, L. E., Ahmad Safar Tosungku, L. O., & Fatimahhayati, L. D. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu Menggunakan Metode Six Sigma Dan Kaizen Pada Cv. Sepatu Sani Malang Jawa Timur. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 10(1), 41–48. https://doi.org/10.33373/profis.v10i1.4290

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Analisis Pengedalian Kualitas Produk Garmen Dengan Metode Six Sigma Pada Bagian Sewing PT. Rodeo Prima Jaya. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Pande, Neumann, R. R. C. (2016). The Six Sigma Way Bagaimana GE, Motorola & Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka. ANDI.

Prasetiyo, B., & Tauhid, R. S. (2019). Penerapan Budaya Kerja Kaizen Di Pt X Kabupaten Bandung Barat. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2), 132–146. https://doi.org/10.31602/atd.v3i2.2079

Prasetyo, A., Lukmandono, & Dewi, R. M. (2021). Pengendalian Kualitas pada Spandek dengan Penerapan Six Sigma dan Kaizen Untuk Meminimasi Produk Cacat (Studi Kasus: PT. ABC). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, IX, 29–34.

Puspasari, A., Mustomi, D., & Anggraeni, E. (2019). Proses Pengendalian Kualitas Produk Reject dalam Kualitas Kontrol Pada PT. Yasufuku Indonesia Bekasi. Widya Cipta, 3(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5088

Sri, R., Yuliana, P. E., & Kelvin, K. (2022). Penerapan Metode Six Sigma Untuk Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu pada Industri Sepatu di Sidoarjo. Jurnal Teknik Industri, 25(01), 27–37.

Suhartini, S., & Ramadhan, M. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Pada Produk Sepatu Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen. Matrik, 22(1), 55. https://doi.org/10.30587/matrik.v22i1.2517

Susetyo, A. W., & Supriyanto, H. (2022). Upaya Pengendalian Kualitas Dengan Penerapan Metode Six Sigma dan Kaizen (Studi kasus : PT.XYZ). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VII, 392–400.

Wardhani, S. E. (2022). Perbaikan Kualitas Produk Jeriken Menggunakan Metode SPC dan FMEA di PT. XYZ. Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.31284/j.senopati.2022.v4i1.3042




DOI: https://doi.org/10.24176/jointech.v5i1.12599

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Muria Kudus
Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus, 59327 - Central Java, Indonesia
Website: https://lppm.umk.ac.id