ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RULA DAN REBA PADA OPERATOR PENGIRIMAN PT. DJARUM GLT KALIWUNGU

Amrina Rosada, Akh. Sokhibi, Rangga Primadasa

Abstract


Postur tubuh pekerja yang kurang baik saat bekerja dapat menimbulkan terjadinya gangguan pada rangka tubuh atau Musculoskeletal disorders (MSDs).
Pada PT. Djarum GLT Kaliwungu terdapat proses pengiriman tembakau yang melibatkan seorang operator untuk melakukan pendataan dan pencatatan. Namun, aktivitas yang dilakukan oleh operator pengiriman tersebut belum menerapkan prinsip ergonomis dan memerlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui tingkat resiko yang dialami oleh operator pengiriman. Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan metode RULA dan REBA. Dimana hasil penelitian menggunakan metode RULA pada saat duduk memiliki skor 7 yang artinya Diperlukan investigasi lebih lanjut serta dilakukan perubahan segera, sedangkan pada pisi berdiri memiliki skor 7 yang artinya Diperlukan investigasi lebih lanjut serta dilakukan perubahan segera Serta nilai REBA yang dihasilkan pada posisi duduk memiliki skor 5 yang artinya Resiko sedang, investigasi lebih lanjut, melakukan perbaikan secepatnya, sedangkan pada posisi berdiri hasil penelitian metode REBA memiliki skor 9 yang artinya Resiko cidera sangat tinggi serta perubahan sangat diperlukan sesegera mungkin.

Keywords


ergonomi;postur kerja;metode RULA;metode REBA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baraldi. A., dan Blonda. P., 1998, A Survey of Fuzzy Clustering Algorithms for Pattern Recognition, IEEE Trans, Vol.29, 778 - 785., Swiss.

Barakbah. A.R., 2006, Cluster Analysis, Soft Computation Research Group, EEPIS-ITS, Surabaya.

JOINTECH UMK e-ISSN : 2442-2630 Vol. 1, No. 1, Desember 2020, pp. xx-xx p-ISSN : 1693-6590

Berry. M.J.A. dan Linoff. G.S., 2000, Mastering Data Mining, The Art and Science of Customer Relationship Management, Wiley Computer Publishing, Canada.

Fitria, L., Janatim Majid, N. and Sokhibi, A. (2020) ‘Analisis Postur Kerja Proses Pengukiran Kayu Ukm Andi Mebel Jepara Dengan Menggunakan Metode Reba’, Journal of Industrial Engineering and Technology, 1(1), pp. 25–35.

Ginting, Rosnani. 2010. Prancangan Produk. Jogjakarta : Graha Ilmu

Imron, M. (2019). Analisis Tingkat Ergonomi Postur Kerja Karyawan Di Laboratorium Kcp PT.

Steelindo Wahana Perkasa Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA), Rapid Entire Body Assessment (REBA) Dan Ovako Working Posture Analisys (OWAS). JITMI, 147-151.

Iridiastadi Hardianto & Yassierli. (2014). Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mauluddin, Y. and Ramadhan, M. T. (2020) ‘Analisis Beban Angkat dan Postur Kerja dalam Pengangkutan Gallon Air 19 Kg di PT Medina’, Jurnal Kalibrasi, 18(1), pp. 30–35.

Norina, R. and Adriyanti, E. (2021) ‘Perbaikan Sistem Kerja Berdasarkan Aspek Biomekanika Di Pt. Cresco Indonesia’, Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering, 9(2), pp. 97–108.

Setiawan, M. S. et al. (2019) ‘Penilaian Postur Pekerja Pengangkatan Galon Dengan Metode REBA dan Biomekanika’, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, (ISSN: 2579-6429), pp. 1–8.

Tarwaka. Ergonomi Industri. Surakarta: UNIBA Press; 2004.

Tiogana, V., & Hartono, N. (2020). Analisis Postur Kerja dengan Menggunakan REBA dan

RULA di PT X. JOURNAL OF INTEGRATED SYSTEM, 9-25.

Wahyuniardi, R., & Reyhanandar, D. M. (2018). Penilaian Postur Operator Dan Perbaikan Sistem

Kerja Dengan Metode Rula Dan Reba (Studi Kasus). J@ti Undip:

Wardaningsih, I. (2010). Pengaruh Sikap Kerja Duduk Pada Kursi Kerja Yang Tidak Ergonomis

Terhadap Keluhan Otot-Otot Skeletal Bagi Pekerja Wanita Bagian Mesin Cucuk Di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Surakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret

Wijaya, I. S. A. and Muhsin, A. (2018) ‘Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Oparator Mesin Extruder Di Stasiun Kerja Extruding Pada Pt Xyz’, Opsi, 11(1), p. 49.




DOI: https://doi.org/10.24176/jointtech.v3i1.8540

Article Metrics

Abstract views : 477| PDF views : 166


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.